Sunday, April 23, 2017

Waspadai Ini Ciri-ciri Makanan Sudah Kedaluarsa dan Tidak Layak Konsumsi

IntipsLagi - Bagi seorang wanita, belanja merupakan salah satu kegiatan rutin yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.  Diantara barang belanjaan yang penting dan pasti dibeli adalah bahan makanan. Memilih bahan makanan yang segar dan berkualitas harus dilakukan agar Anda tidak terjebak membeli bahan makanan yang kedaluarsa. Memang sich hal itu bisa dilihat dari tanggal yang tertera pada kemasan bahan makanan yang akan kita beli, namun sayangnya tidak semua bahan makanan mencantumkan tanggal kedaluarsa. Padahal bahan makanan yang kedaluarsa dapat berisiko terhadap kesehatan keluarga, salah satunya mengakibatkan keracunan. Agar tidak terjebak membeli bahan makanan yang kedaluarsa, sebaiknya simak 6 ciri-ciri bahan makanan yang sudah kedaluarsa, berikut ini : Lakukan 7 Cara Ini Untuk Mencegah Bau Mulut di Pagi Hari
ciri-ciri makanan kealuarsa/http://www.elmostrador.cl

Ikan

Untuk ikan yang kedaluarsa umumnya mmeiliki beberapa ciri yang bisa dikenali, antara lain : berlendir, teksturnya lebih lembek, sisiknya mudah lepas, aromanya lebih menyengat, perubahan warna pada ekor/sirip. Maka itu, ketika membeli ikan segar, segera masak atau bekukan dalam freezer untuk menghindari kerusakan. Kuku Kaki Anda Menghitam Tiba-Tiba? Jangan-Jangan 6 Hal Ini Penyebabnya

Tepung

Untuk tepung, ada beberapa cirri-ciri yang bisa dikenali jika beras sudah tidak layak dikonsumsi, diantaranya : bau apek, berjamur, tengik, terdapat kutu, atau perubahan pada teksturnya menjadi menggumpal atau perubahan lainnya. Lebih baik membeli tepung dalam kemasan yang terdapat tanggal kadaluarsa.

Telur

Telur juga perlu diperhatikan tanggal kedaluarsanya, karena bahan makanan ini juga tidak bisa tahan dalam waktu lama. Namun sayangnya ada beberapa toko atau agen yang menjual telur tanpa menyertakan tanggal kedaluarsa sehingga sulit bagi kita mengetahuinya. Tapi tidak perlu cemas, karena kita akan membagikan cirri-ciri telur yang kedaluarsa, diantaranya : berbunyi ketika digoyang, lebih ringan saat dipegang, dan lainnya. Selian itu, kita bisa mengetes kesegarasan telur dengan cara memasukkan kedalam air. Jika telur mengapung, maka telur sudah tidak layak dikonsumsi. Sebaliknya jika telur tenggelam, maka telur masih bagus.

Susu dan produk olahannya

Susu kemasan dan semua produk olahannya umumnya selalu mencantumkan tanggal kedaluarsa, namun Anda tetap harus waspada karena cara penyimpanan yang salah juga bisa membuat bahan makanan ini jadi tidak layak dikonsumsi. Diantara cirri-ciri produk susu yang kedaluarsa atau tidak layak dikonsumsi, yakni : bau tidak sedap, rasanya aneh, terdapat gumpalan/mengental, perubahan warna, tumbuh jamur pada kemasannya, dan lainnya.

Snack atau cemilan ringan

Snack atau cemilan ringan umumnya juga menyantumkan tanggal kedaluarsa, namun jika Anda tak menjumpainya, pastikan kenali cirri-ciri makanan tak layak konsumsi, yakni : teksturnya berubah, bau tengik, berjamur, dan lainnya.

Daging Sapi dan Ayam

Daging sapi atau ayam yang kedaluarsa sudah tidak layak konsumsi. Adpaun cirri-cirinya, yakni : bau tidak sedap, tekstur dan warnanya berubah, berlendir,  dan lainnya.
Jika mendapati beberapa cirri bahan makanan kedaluarsa diatas, jangan segan-segan untuk membuangnya ke tempat sampah. Jangan sampai keluarga jadi korban akibat mengonsumsi makanan yang sudha kedaluarsa. Semoga informasi yang berjudul Waspadai Ini Ciri-ciri Makanan Sudah Kedaluarsa diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tags : efek makanan kadaluarsa, pengertian tanggal kadaluarsa, mie instan kadaluarsa masih bisa dimakan, bahaya makan-makanan yang kedaluarsa, ciri-ciri makanan kedaluarsa, bahaya makanan kedaluarsa bagi kesehatan

Loading...

Baca Juga

Waspadai Ini Ciri-ciri Makanan Sudah Kedaluarsa dan Tidak Layak Konsumsi
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar