Tuesday, April 26, 2016

Waspadai Pembengkakan kelenjar getah bening dan Cara Mengatasinya

IntipsLagi - Dalam tubuh manusia terdapat banyak kelenjar, salah satu yang utama adalah kelenjar getah bening. Mungkin tak semua orang memahami, apa sich kelenjar getah bening dan apa manfaatnya untuk tubuh kita? Kelenjar getah bening sendiri merupakan gumpalan jaringan yang ukurannya sebesar biji kacang, dimana ia merupakan rumah bagi sekumpulan sel darah putih. Adapun fungsi dari kelenjar getah bening sendiri adalah untuk menyaring limfatik sehingga penyebaran bakteri ke seluruh tubuh dapat dihentikan. 

Pembengkakan kelenjar getah bening

Penyebab pembengkakan kelenjar getah bening

Pernahkah Anda merasakan tidak nyaman karena tiba-tiba mengalami pembengkakan pada area tubuh tertentu, misalnya : leher, bawah dagu, ketiak, pangkal paha dan lainnya? Hal itu bisa jadi merupakan akibat pembengkakan kelenjar getah bening. Pembengkakan kelenjar getah bening sendiri disebabkan adanya infeksi ringan (misalnya : infeksi telinga, flu, abses gigi, radang, amandel, infeksi kulit, dan lainnya), infeksi virus (misalnya : campak jerman, lupus, demam kelenjar, dan lainnya), penyakit autoimun dan juga kanker. Pembengkakan akan reda dengan sendirinya apabila kondisi Anda sudah pulih dari penyakit.

Sembuhkan Pembengkakan Getah Bening dengan Cara Alami Ini

Jika Anda mengalami pembengkakan getah bening biasa, tidak perlu cemas, karena ada beberapa cara alami untuk mengatasinya. Diantaranya :

Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat anti inflamasi dan juga anti mikroba yang dapat membantu meredakan bengkak secara alami. Caranya cukup tumbuh bawang putih dan balurkan pada area yang bengkak sambil dipijat perlahan.

Kompres dengan air hangat secara rutin

Kompres area tubuh yang bengkak dengan air hangat, karena cara ini bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi sakit.

Madu

Madu juga bisa menjadi obat untuk meredakan bengkak pada kelenjar getah bening, karena mengandung sifat anti inflamasi. Caranya bisa diminum langsung atau dijadikan obat oles saat memijat.

Kunyit dan susu

Kombinasi kunyit dan susu snagat ampuh membantu meredakan peradangan pada kelenjar getah bening. Hal itu karena sifat anti inflamasi dalam kunyit. And abisa meminum ramuan ini secara langsung.

Waspadai pembengkakan kelenjar getah bening yang mematikan

Meski pembengkakan bisa sembuh dengan sendirinya, namun ada juga kondisi  yang patut diwaspadai, karena dapat berujung pada kematian, misalnya : penyakit kanker, infeksi darah, dan lainnya. Adapun ciri-cirinya :
•    Benjolan tidak terasa sakit, tapi terasa keras saat ditekan dan makin membesar
•    Pembengkakan terjadi pada saat kondisi Anda sehat bugar alias tanpa sebab
•    Pembengkakan terjadi lebih dari dua minggu
•    Pembengkakan disertai gejala demam yang tak kunjung reda
•    Disertai penurunan berat badan yang drastic
•    Disertai dengan sakit tenggorokan yang parah
Jika mengalami kondisi yang disebutkan diatas, jangan sepelekan, karena bisa jadi merupakan tanda awal penyakit serius.Semoga informasi seputar pembengkakan kelenjar getah bening diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...

Baca Juga

Waspadai Pembengkakan kelenjar getah bening dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar