Tuesday, March 28, 2017

Ini 8 Tanda yang Diberikan Tubuhmu Saat Kelebihan Garam

IntipsLagi - Anda suka mengonsumsi makanan yang gurih atau cenderung asin? Tahukah Anda jika mengonsumsi garam berlebih dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, dari mulai penyakit jantung, hipertensi, hingga gangguan system pencernaan. Mengurangi konsumsi garam menjadi cara terbaik untuk menghindari dampak buruk tersebut, karena asupan garam yang disarankan per harinya adalah 5 gram atau sekitar 1 sendok teh saja. Namun sayangnya hal itu tidak mudah, karena seringkali kita tidak menyadari berapa banyak asupan garam yang masuk ke dalam tubuh. Sebagai langkah antisipasi agar kita terhindar dari kelebihan asupan garam, sebaiknya simak beberapa tanda yang diberikan tubuh ketika kita kelebihan konsumsi garam, diantaranya adalah : Waspadai 8 Tanda Ini Tunjukkan Tubuhmu Banyak Mengandung Racun
kelebihan garam/http://iinanews.org

1.    Tubuh dehidrasi

Kelebihan garam membuat tubuh merasa dehidrasi, karena garam membuat tubuh tidak bisa menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit. Untuk mengembalikan kondisi normal, maka otak akan memberikan sinyal haus sehingga mulut kering dan kita akan lebih banyak minum. Ini 7 Alasan Kenapa Wanita Suka Menggoda dan Merebut Suami Orang

2.    Jari tangan bengkak

Ketika cincin yang awalnya muat di jari menjadi sempit, meskipun Anda tidak mengalami peningkatan berat badan, maka bisa jadi ini akibat tubuh Anda kelebihan asupan garam. Bengkaknya jari Anda terjadi akibat retensi cairan akibat kelebihan garam.

3.    Sering kencing

Konsumsi garam berlebih sebabkan kita banyak minum sehingga yang terjadi kita akan lebih sering ke kamar kecil untuk kencing.

4.    Pusing kepala

Konsumsi makanan bersodium tinggi, seperti kripik, snack, dan cemilan lainnya dapat sebabkan kepala pusing atau migraine.

5.    Susah konsentrasi

Banyak konsumsi makanan bergaram tinggi dapat memicu dehidrasi yang berimbas pada menurunnya kemampuan berpikir atau konsentrasi.

6.    Perut kembung

Konsumsi makanan asin dapat sebabkan perut mudah sekali kembung dan tidak nyaman. Hal ini terjadi akibat pembengkakan cairan pada tubuh atau yang disebut edema.

7.    Batu ginjal

Konsumsi garam tinggi juga dapat meningkatkan risiko batu ginjal, dimana umumnya ditandai dengan rasa sakit pada punggung. Hal ini karena garam berlebihan dapat meningkatkan jumlah protein dalam urin sehingga ketika ini terjadi maka risiko menderita batu ginjal akan meningkat.

8.    Tekanan darah tinggi

Asupan garam tinggi membuat tekanan darah menyimpan cairan lebih lama didalam tubuh sehingga mengakibatkan jantung bekerja ekstra keras. Inilah yang menjadi awal meningkatnya tekanan darah.
Ketika mengalami 8 tanda diatas, pastikan segera kurangi asupan garam dan imbangi dengan gaya hidup sehat. Bila perlu, periksakan diri ke dokter untuk memastikan kesehatan tubuh Anda dalam kondisi baik.

Tags : akibat kekurangan garam, akibat kelebihan garam dalam tubuh, efek samping garam untuk wajah, akibat terlalu banyak mengkonsumsi garam saat menstruasi, efek samping garam dapur, cara menurunkan kadar garam dalam tubuh, indikator yang terdiri atas campuran berbagai zat warna disebut, manfaat makan garam

Loading...

Baca Juga

Ini 8 Tanda yang Diberikan Tubuhmu Saat Kelebihan Garam
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar