Saturday, August 6, 2016

Tujuh Cara Sederhana Cegah Diabetes pada Remaja

Diabetes termasuk penyakit yang bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak dan remaja.  Selain factor genetis, gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat menjadi salah satu factor pemicunya. Tidak hanya diabetes tipe 1, karena obesitas pada anak dan remaja juga memicu meningkatnya kadus diabetes tipe 2. Mungkin tidak semua tahu, apa sich beda diabetes tipe 1  dan diabetes tipe 2? Jika diabetes tipe 1 umumnya dipicu karena ketidakmampuan organ tubuh dalam menghasilkan insulin, sementara itu diaetes tipe 2 pemicunya adalah gaya hidup yang tidak sehat, misalnya : pola makan yang mengandung kalori berlebihan tanpa diimbangi aktivitas fisik yang memadai.
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Demikian juga dengan masalah diabetes pada anak-anak dan remaja, kita bisa melakukan upaya pencegahan lebih dini, diantaranya dengan tujuh cara berikut ini :

1.    Kurangi konsumsi makanan siap saji

Menghindari makanan siap saji mungkin sulit dilakukan, tapi Anda bisa mengurangi porsinya atau setidaknya menyiasatinya dengan penambahan atau setidaknya damping dengan bahan-bahan yang sehat, misalnya : sayuran, salad, jus buah, dan bahan sehat lainnya.

2.    Aktif melakukan kegiatan setiap hari

Televisi dan gadget membuat anak menjadi kurang aktif sehingga memicu obesitas. Untuk menyiasatinya, pastikan lebih aktif mengikuti kegiatan setiap hari, misalnya : ekstra kurikuler, kegiatan di kampung, dan aktivitas lain yang membantu mencegah penumpukan lemak dan kadar gula darah.

3.    Istirahat yang cukup

Selain aktif mengikuti kegiatan, para remaja juga harus menjaga waktu istirahat yang tepat. Kurang tidur dapat memicu mengurangi sensivitas insulin, karena system metabolism justru bekerja pada saat manusia tengah terlelap. Jika dibiarkan, hal ini dapat berisiko meningkatkan kadar gula darah.

4.    Rutin control kadar gula darah

Memeriksakan kadar gula darah tidak hanya wajib untuk orang tua, karena anak-anak dan remaja juga perlu melakukannya. Hal ini sangat penting untuk mencegah kemungkinan mengalami penyakit diabetes.

5.    Olahraga rutin

Olahraga juga menjdi salah satu upaya untuk mencegah diabetes pada remaja dan anak-anak. Lakukan olahraga ringan, dari mulai lari, renang, bersepeda, hingga kardio.

6.    Hindari kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk, seperti mer0k0k dan minum alkohol harus dihindari, karena dapat memicu diabetes pada remaja.

7.    Jaga pola makan yang sehat dan baik

Menjaga pola makan yang baik dan sehat juga bisa membantu mencegah diabetes. Selain memilih makanan sehat, pastikan porsinya juga tepat dan tidak berlebihan.
Dengan tubuh yang sehat, para remaja dan anak-anak dapat lebih leluasa meraih prestasi dan juga cita-citanya yang tinggi.

Loading...

Baca Juga

Tujuh Cara Sederhana Cegah Diabetes pada Remaja
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar