Wednesday, November 25, 2015

Makanan Penyebab Pikun dan Penangkalnya

Intipslagi - Apakah Anda termasuk seorang yang pelupa atau pikun? Banyak orang beranggapan bahwa pikun disebabkan karena factor usia saja. Padahal hal itu tidak sepenuhnya benar, karena saat ini pikun bisa saja terjadi pada seseorang berusia muda. Pikun dalam dunia medis dikenal sebagai demensia, yakni satu kondisi dimana kemampuan kognisi seseorang mengalami penurunan yang terus bertambah akibat gangguan pada jaringan syaraf di otak. Pikun atau demensia tidak boleh diabaikan karena berisiko menjadi penyakit serius, yakni : Alzheimer.  Hem, mungkin sebagian dari kita belum tahu, bahwa pikun disebabkan oleh banyak faktor yang diantaranya : usia, penurunan fungsi sel syaraf otak, gaya hidup, makanan, stress, pola tidur, dan mungkin masih banyak yang lainnya.
                                                 Pikun (sumber gambar : www.nuga.co)
Karena makanan termasuk salah satu penyebab pikun/demensia, maka sudah selayaknya kita lebih selektif lagi memilih makanan yang sehat.  Untuk menghindari risiko menderita pikun/demensia, ada baiknya kita hindari makanan penyebab pikun, berikut ini : (Cara Alami dan Ampuh Atasi Luka Memar)

1.    Tahu

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tahu mengandung senyawa kimia bernama fitoestrogen yang dapat mempengaruhi fungsi otak. Meski begitu, pada makanan fermentasi lainnya, seperti tempe justru sebaliknya, yaakni dapat meningkatkan daya ingat. (Cara Paling Ampuh Sembuhkan Jantung dan Hipertensi)

2.    Lemak Trans

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi makanan yang mengaandung lemak trans dapat mempengaruhi daya ingat. Diantar jenis makanan yang kayaa trans, antara lain : gorengan, es krim, olahan daging sapi, makanan panggang yang dibekukan, biscuit, mentega, popcorn dan lain sebagainya. (Rahasia Keajaiban Air Liur Untuk Kesehatan)

3.    Ikan yang mengandung mercuri

Ikan mengandung nutrisi yang tinggi dan baik untuk kesehatan, namun sayangnya kandungan merkuri dalam ikan-ikan yang berukuran besar justru mengancam kesehatan otak. Diantara ikan yang mengandung kadar merkuri, antara lain : tuna, kakap, kerapu, hiu dan lainnya. (Rahasia Masak Bubur Kacaang Hijaau yng Empuk, Lembut dan Tidak Pecah)

4.    Lemak jenuh

Sebuah penelitian menyebutkan jika mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dapat menyebabkan gangguan pada sistem tertentu dalam otak. Jenis makanan yang mengandung lemak, antara lain : mentega dan minyak kelapa sawit. (Jangan Buang Bij Durian, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan)

Makanan Pencegah Pikun

Selain menghindari makanan penyebab pikun, pastinya Anda harus mengonsumsi beberapa makanan yang berkhasiat mencegah pikun. Apa sajakah itu? Simak saja beberapa makanan pencegah pikun, berikut ini :

•    Buah apel

Buah apel mengandung nutrisi penting, salah satunya quercetin yang berkhasiat melindungi otak dari serangan radikal bebas yang menyebabkan penyaakit alzhaimer. Selain itu, kandungan asetikolin dalam buah apel sangat bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak.

•    Ikan salmon

Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan sangat baik untuk menjaga fungsi syaraf sehingga risiko penyaakit pikun/demensia bisa diturunkan.

•    Kacang-kacangaan

Kacang-kacangan kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya, seperti ALA dan polifenol yang berkhasiat mencegah pikun. Diantara jenis kacang-kacangan yang direkomendasikan, antara lain : almond dan kenari.
Agar terhindar dari pikun, pastikan hindari maakanan penyebab pikun dan konsumsi makanan yang bekhasiat mencegah pikun. Apabila mengalami indikasi yang mengarah pada demensia/pikun, jangan abaikan dan segera periksakan diri ke dokter agar segera dilakukan upaya medis untuk mengatasinya. Semoga informasi yang berjudul Makanan Penyebab Pikun dan Penangkalnya diatas dapat bermanfat baagi kita semua.
sumber : Disadur dari beberapa sumber 

Loading...

Baca Juga

Makanan Penyebab Pikun dan Penangkalnya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar