Thursday, November 26, 2015

Bahaya Mencampur Susu dengan Buah-Buahan

Intipslagi - Siapa sich yang tidak suka menikmati kesegaran es buah, sup buah, atau jus? Kebiasaan masyarakat Indonesia ketika mengonsumsi es buah atau jus adalah mencampurkan susu kental manis kedalamnya. Memang sich, rasanya menjadi lebih nikmat dan gurih. Namun sayangnya kebiasaan mencampur buah dan susu tersebut bukannya memberi manfaat justru bisa membahayakan tubuh. Hem, bagaimana bisa? Bukannya buah dan susu termasuk makanan yang kaya akan nutrisi? 

Susu dan Buah
Susu dan Buah/es.tubqit.com
Ternyata, buah-buahan banyak memiliki kandungan asam, sedangkan susu sangat kaya akan protein sehingga jika dikombinasikan justru kurang baik, karena asam akan mengikat protein sehingga membuatnya sulit dicerna oleh tubuh, bahkan bisa mengakibatkan fermentasi lambung. Beberapa buah-buahan yang memiliki sifat asam, antara lain : nanas, stroberi, anggur, jeruk, dan lain sebagainya.

Tapi bagaimana jika susu dicampurkan pada buah yang tidak mengandung asam, seperti alpukat?

Mencampur buah alpukat dengan susu akan membuat rasanya semakin  gurih dan nikmat. Akan tetapi kombinasi keduanya juga tidak baik untuk tubuh, karena alpukat mengandung asam folat tinggi yang bermaanfaat untuk kesehatan jantung, namun ketika Anda mencampurkan susu kental manis, maka justru mengantarkan Anda pada risiko penyakit diabetes. Kenapa demikian? Karena susu kental manis memiliki kadar gula yang lebih mendominasi dibandingkan protein.
Selain buah-buahan, ternyata susu juga berbahaya jika dicampurkan dengan beberapa minuman atau makanan berikut ini :

Susu dengan Gula
Mencampur susu dengan gula dalam kondisi panas dapat berbahaya, karena susu mengandung leusin/asam amino yang apabila dicaampurkan dnegaan gula dalam kondisi panas, maka akan bereaksi menjadi leusin fructosyl atau radikal fluktosa yang bersifat racun dan dapat merusak tubuh orang yang mengonsumsinya. Untuk menyiasatinya, masukkan gula setelah susu agak dingin. 

Susu dengan Coklat
Mencampur susu dengan coklat juga berbahaya bagi kesehatan, karena susu mengandung protein dan kalsium, sementara coklat mengandung asam oksalat yang apabila keduanya dipadukan, maka  kalsium akan bersifat non larut sehingga mengganggu penyerapan kalsium. 

Susu dan Teh
Teh termasuk satu minuman herbal yang menyehatkan, namun menjadi kurang bermanfaat jika dicampur dengan susu. Kenapa demikian? Ternyata susu mengandung protein casein yang apabila dipadukan dengan Teh justru dapat menurunkan kandungan pentingnya, seperti Catechin yang ampuh melawan penyakit jantung.
Meskipun susu memiliki segudang manfaat, namun jika cara mengonsumsinya salah tentu akan merugikan kesehatan. Semogaa informasi yang berjudul Bahaya Mencampur Susu dengan Buah-Buahan diatas dapat bermaanfaat bagi kita semua. 

sumber : kaskus, luccard.com

Loading...

Baca Juga

Bahaya Mencampur Susu dengan Buah-Buahan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar