Tuesday, May 26, 2015

Menghilangkan Flek Di Wajah Dengan Cara Alami

Siapa sich yang tidak mendambakan kulit bersih dan cerah? Hampir semua orang pasti tidak ingin mengalami masalah kulit, terutama pada wajah. Sayangnya karena beberapa sebab, kulit seseorang tiba-tiba mengalami perubahan, misalnya muncul bintik-bintik hitam (freckles/ephelides), atau bercak coklat kehitaman (melasma). Flek atau bintik hitam di wajah terjadi akibat pigmentasi kulit yang berlebihan. Selain di wajah, ternyata flek hitam juga bisa muncul pada area lain, mislanya leher, punggung, dan dada.

Penyebab Flek atau Bintik hitam di wajah

Mungkin sebagian dari Anda masih merasa bingung, sebenarnya apa sich penyebab munculnya flek/bintik hitam pada wajah? Ada beberapa faktor yang memicu munculnya flek/bintik hitam di kulit wajah, antara lain :

•    Faktor keturunan
•    Perawatan jerawat yang kurang tepat
•    Kehamilan
•    Paparan panas matahari langsung
•    Mengonsumsi obat-obatan hormonal
•    Penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri dan asam salisilat dalam jangka panjang
•    Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya antibiotik.
Flek atau bintik hitam di wajah memang sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri. Kira-kira, ada nggak cara untuk mengatasinya? Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi flek hitam, diantaranya menggunakan bleaching cream/krim pemutih, suntik vitamin C, operasi, atau bisa juga melakukan perawatan di salon kecantikan. Meskipun bisa memutihkan dengan cara instan, namun cara tersebut bisa dibilang cukup mahal, apalagi jika bugdetnya minim.
Jangan khawatir, ternyata flek dan bintik hitam di wajah bisa diatasi dengan cara alami, hanya saja prosesnya tidak bisa instan. Dibutuhkan ketelatenan dan keuletan untuk melakukan perawatan secara rutin. Simak beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek atau bintik hitam di wajah berikut ini :

Gunakan masker bengkuang

Bengkuang memiliki khasiat untuk memutihkan kulit wajah, karena itu gunakan bengkuang sebagai masker wajah secara rutin. Caranya : blender bengkuang hingga halus, lalu balurkan pada kulit wajah secara merata. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

Gunakan buah pepaya

Pepaya mengandung enzim tertentu yang ampuh mengatasi noda hitam di wajah. Gosokkan kulit pepaya pada kulit wajah secara merata, diamkan lalu bilas hingga bersih.

Lemon

Lemon mengandung acid yang merupakan pemutih alami sehingga sangat efektif membantu Anda dalam memudarkan flek atau bintik hitam di kulit. Cara menggunakannya adalah dengan membelah lemon menjadi dua, lalu menggosokkan langsung pada kulit.

Lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya menjaga kelembaban kulit, tapi juga membantu memudarkan flek hitam di kulit. Caranya dnegan mengoleskan langsung gel lidah buaya pada kulit wajah.

Teh

Teh sangat kaya antioksidan dan tanin sehingga baik untuk perawatan kulit yang terbakar matahari. Gunakan air rendaman teh untuk mencuci muka setiap hari.

Manfaatkan Bawang Merah

Kandungan asam dalam bawang bersifat sebagai pemutih alami sehingga ampuh mengatasi flek/bintik hitam. Blender bawang merah, kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.
Semoga informasi tentang cara menghilangkan flek di wajah dengan cara alami diatas dapat membantu mengatasi masalah Anda. Salam cantik!


Loading...

Baca Juga

Menghilangkan Flek Di Wajah Dengan Cara Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar