Thursday, June 25, 2015

Bahaya Makanan Manis Berlebihan Saat Buka Puasa

Berbukalah dengan yang manis”. Kalimat tersebut mungkin sudah sering kita dengar, namun tahukah Anda apa yang dimaksud manis dalam kalimat tersebut? Manis disitu berarti manis yang sehat, bukan makanan/minuman manis yang sering kita santap saat buka puasa. Kurma segar termasuk satu makanan manis sehat yang dianjurkan saat buka puasa, karena kurma mengandung gula alami dan nutrisi penting lainnya yang bagus untuk memulihkan stamina setelah seharian puasa. (Tips dan trik awet muda tanpa bahan kimia)
Kandungan gula pada kurma tentu berbeda makanan/minuman manis yang kebanyakan dikonsumsi masyarakat. Yang membedakan adalah, kurma merupakan karbohidrat kompleks yang memberi efek kenyang lebih lama, sedangkan makanan/minuman manis termasuk karbohidrat sederhana yang membuat kita lebih cepat lapar dan ingin terus mengonsumsi yang manis-manis. Akibatnya, maka gula dalam tubuh menumpuk dan diubah menjadi lemak yang mengganggu kesehatan. (Modus kejahatan menjelang Lebaran dan cara Mengatasinya)
Nah, agar kita lebih waspada lagi dan tidak berlebihan mengonsumsi makanan/minuman manis, simak dech bahaya makan manis berlebihan saat puasa berikut ini :

Mengganggu kesehatan jantung

Mengonsumsi gula berlebihan dapat memicu peningkatan HDL dalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi tinggi. Jika tidak segera diatasi, maka risiko gagal jantung dan stroke akan meningkat.

Membahayakan Organ Hati

Kandungan glukosa dan frukotosa dalam makanan/minuman manis bisa menjadi racun bagi organ hati, karena itu jika ingin hati sehat, kontrol asupan manis ya!

Memicu Diabetes Tipe-2

Gaya hidup yang tidak sehat bisa memicu penyakit diabetes tipe 2. Mengonsumsi makanan atau minuman manis, termasuk salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, batasi konsumsi makanan/minuman manis karena dapat merugikan kesehatan.

Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Akibat berlebihan mengonsumsi makanan/minuman manis, seseorang akan mengalami kegemukan. Kondisi tersebut juga berakibat pada menurunnya sistem kekebalan tubuh karena terlalu diforsir untuk mengatasi gangguan kesehatan dari dalam akibat kegemukan.

Menurunkan kemampuan otak

Konsumsi gula berlebih dapat mempercepat penuaan sel, termasuk sel otak.  Nah, agar fungsi otak tetap optimal, kontrol asupan makanan/minuman manis ya.

Membuat berat badan meningkat

Hampir semua makanan dan minuman manis mengandung kalori tinggi, misalnya : minuman bersoda, cake, permen, es krim, dan lain sebagainya. Berlebihan mengonsumsi makanan atau minuman manis dapat meningkatkan berat badan dengan cepat, apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga.

Merusak kesehatan gigi

Makanan atau minuman manis memang nikmat, sayangnya jika berlebihan justru tidak ramah untuk gigi. Selain mempengaruhi warna gigi, makananan/minuman manis dapat memicu kerusakan pada gigi, misalnya : gigi keropos, gigi berlubang, dan lain sebagainya. Namun jika Anda sulit menghindari makanan manis, Anda bisa mengantisipasinya dnegan rajin gosok gigi tiga kali sehari.
Hem, ternyata tidak semua yang manis itu aman dan menyehatkan ya? Yuk lebih bijak lagi dalam memilih menu buka puasa yang sehat!
Sumber gambar : Tokopedia

Loading...

Baca Juga

Bahaya Makanan Manis Berlebihan Saat Buka Puasa
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar