Monday, November 16, 2015

Awas, Kebiasaan Membunyikan Tulang Sebabkan Stroke

Pernahkah Anda membunyikan tulang hingga berbunyi “kretek”?  Membunyikan tulang memang terasa nikmat, apalagi ketika persendian terasa kaku dan pegal.  Beberapa bagian tubuh yang sering dibunyikan, antara lain : leher, pinggang, tangan, kaki, jari, dan lain sebagainya. Meskipun membunyikan persendian dapat menghilangkan rasa pegal dan kejang pada tubuh, namun ada bahaya yang mengintip dibalik kebiasaan tersebut loh, salah satunya meningkatkan risiko stroke. Hem, pasti Anda terkejut, bagaimana mungkin kebiasaan nikmat tersebut dapat membahayakan kesehatan? 
ilustrasi/sethealth.ru
Nah, agar Anda terhindar dari risiko bahaya akibat kebiasaan membunyikan tulang, simak bahaya akibat Membunyikan tulang berikut ini : (Kenali 5 Ciri-Ciri Urine Ginjal Bermasalah)

1.    Menyebabkan syaraf terjepit

Syaraf terjepit atau dalam istilah bahasa Jawa disebut “kecetit”merupakan suatu kondisi dimana ada bagian syaraf yang berada di tempat yang tidak semestinya. Meskipun terdengar sepele, namun jika tidak diatasi dengan benar dapat menyebabkaan seseorang merasa kesakitan bahkan mengalami kelumpuhan. (Bersihkan racun Udara dengan 8 tanaman Hias Ini)

2.    Organ tubuh menjadi sulit dikontrol oleh otak

Otak merupakan pengendali setiap gerakan tubuh. Sayangnya, kebiasaan menggertakkan tulang persendian dapat merusak syaraf yang pada akhirnya membuat otak sulit memberi intruksi pada organ tubuh. (Tujuh Kesalahan Mengolah Sayuran yang Sebabkan Kanker)

3.    Membuat tulang rawan menjadi rapuh atau mudah hancur

Kebiasaan membunyikan tulang sama dapat berisiko mengakibatkan tulang rawan menjadi mudah rapuh dan hancur. (Suka Minum Kopi Instan? Ini 5 Bahayanya Bagi Kesehatan)

4.    Menyebabkan penyakit sendi kronis

Kebiasaan membunyikan persendian yang dilakukan terus menerus dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan penyakit sendi kronis yang sulit disembuhkan. (Cara Mudah Hindari Gangguan Jin dan Santet)

5.    Menyebabkan Stroke

Kebiasaan membunyikan leher dapat menyebabkan pemb uluh darah ke otak menjadi terhambat. Jika dilaakukan terus menerus dapat menyebabkan stroke.

Mengatasi tulang terasa kaku dan linu

Jika membunyikan tulang dapat menimbulkan masalah yang membahayakan kesehatan. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasi tulang kaku atau linu, diantaranya :
1.    Mandi dengan air hangat untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi sakit dan pegal pada tubuh
2.    Jika tidak memiliki shower, Anda bisa mengompres anggota tubuh yang terasa linu dengan air hangat
3.    Lakukan gerakan memutar leher atau senam leher ringan sebanyak 4-5 putaran. Ingat yaa, bukan menggertakkan leher sekeras mungkin yaa…
4.    Mengoleskan balsam atau bahan penghangat/pereda nyeri alami pada tubuh yang terasa pegal, misalnya : jahe, asam jawa, dan lain sebagainya.
5.    Pastikan tidur dalam posisi yang nyaman agar rasa pegal tidak semakin memburuk.
Setelah mengetahui informasi tentang bahaya membunyikan tulang diatas, masihkah Anda berani melakukannya? Semoga informasi yang berjudul Awas, Kebiasaan Membunyikan Tulang Sebabkan Stroke diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

sumber : hellosehat, facebook dakwah islam


Loading...

Baca Juga

Awas, Kebiasaan Membunyikan Tulang Sebabkan Stroke
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar