Monday, August 15, 2016

Rambut Jadi Sarang Kutu? Gunakan Bahan Alami Ini untuk Basmi Kutu dan Telurnya

Merasa tidak nyaman karena kehadiran kutu rambut? Kutu rambut tidak hanya membuat kulit kepala terasa gatal, tapi juga membuat penampilan kita menjadi berantakan karena keinginan menggaruk yang kuat. Bahkan karena garukan yang kuat, kulit kepala seseorang bisa terluka hingga mengalami infeksi atau yang disebut korengan. Hihi.. serem banget khan? Korengan di kepala membutuhkan waktu lama dalam proses penyembuhannya, bahkan jika bernanah akan menimbulkan bau yang amis dan tidak enak. Nah, agar Anda terhindar dari risiko tersebut, pastikan rajin menjaga kebersihan rambut. Namun tidak bsia begitu juga, karena kutu rambut bisa muncul bukan karena kurang menjaga kebersihan, tapi bisa juga karena tertular orang lain, misalnya : keluarga, anak, teman dan lainnya.

Cara agar tidak tertular kutu rambut

Untuk mencegah agar Anda dan keluarga tidak tertular kutu rambut, pastikan simak beberapa tips berikut ini:
•    Hindari menggunakan acsesoris rambut orang yang memiliki kutu
•    Hindari kontak rambut dengan seseorang yang memiliki kutu, karena akan memudahkan kutu melompat ke rambut Anda
•    Segera cuci tangan ketika habis menyentuh rambut orang yang berkutu, karena bisa saja telur atau kutu menempel pada sela kuku dan menular pada  Anda
•    Hindari menggunakan barang-barang yang berhubungan dnegan rambut orang yang berkutu, misalnya : bantal, jaket, baju, sisir, dan lainnya

Cara membasmi kutu rambut hingga telurnya

Membasmi kutu harus dilakukan dengan tepat sasaran, yakni hingga telurnya. Karena percuma saja Anda basmi kutunya saja, kalau telurnya masih bisa menetas dan berkembang biak. Anda bisa membasmi kutu hingga telurnya dengan bahan-bahan alami, diantaranya :

Jeruk Lemon

Jeruk lemon mengandung nutrisi yang tidak hanya ampuh menjaga kecantikan rambut, tapi juga ampuh mengusir kutu rambut hingga telurnya. Caranya : potong lemon menjadi dua, lalu oleskan lemon secara merata dan lakukan pijatan lembut. Diamkan selama 30 menit hingga 1 jam, atau lebih bagus jika dibiarkan selama semalam.  Baru kemudian bilas hingga bersih.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa tidak hanya bermanfaat dalam masakan, tapi juga membantu membasmi kutu rambut. Caranya : oleskan minyak kelapa pada kulit kepala secara merata, biarkan selama semalam sembari ditutup rapat. Bilas hingga bersih.

Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis

Perpaduan kayu putih dan air perasan jeruk nipis akan membantu membasmi kutu dan telur-telurnya. Caranya sama, yakni mengaplikasikan secara merata pada kulit kepala, diamkan selama semalaman dan keramas hingga bersih pada pagi harinya.

Minyak zaitun

Minyak zaitun tidak hanya menjaga kecantikan rambut, tapi juga bisa mengatasi kutu dan telur-telurnya. Caranya mudah, cukup oleskan minyak zaitun secara merata pada kulit kepala. Tutup rapat selama satu jam, setelah itu Anda bisa bilas hingga bersih.

Bawang merah

Bawang merah mengandung sulfur yang membantu mengatasi luka akibat kutu. Selain itu, aroma menyengat dari bawang merah juga kurang disukai oleh kutu sehingga mereka tidak akan betah berlama-lama di rambut indah Anda. Caranya cukup haluskan bawang merah  dan peras airnya, lalu oleskan secara merata pada  kulit kepala. Tutup dengan kain dan diamkan selama semalam. Lalu keramas  yang bersih pada pagi harinya.

Menggunakan kapur ajaib/insectisida

Ada satu jenis kapur khusus insectisida yang ampuh membasmi kutu dan serangga lainnya. Caranya cukup menumbuk kapur hingga halus, kemudian taburkan pada kulit kepala hingga merata. Tutup menggunakan kain dan diamkan selama 1 jam. Kemudian bilas hingga bersih.

Cuka

Cuka mengandung asam asetat sehingga bisa membantu membasmi kutu dan telurnya. Caranya cukup mudah, campurkan cuka dnegan air secukupnya, kemudian oleskan pada kulit kepala. Tutup hingga rapat dan diamkan selama semalaman. Bilas hingga bersih.

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan yang menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Tapi aroma lidah buaya yang khas juga kurang disukai kutu sehingga mengaplikasikannnya pada rambut dan kulit  kepala dapat membuat kutu mabuk/mati.
Dengan cara alami dan aman diatas, dijamin rambut indah Andaakan terbebas dari serangan kutu rambut.  Bahkan dengan perawatan rutin, dijamin kutu dan telurnya tidak akan betah lagi tinggal di rambut Anda. Selamat mencoba.



Loading...

Baca Juga

Rambut Jadi Sarang Kutu? Gunakan Bahan Alami Ini untuk Basmi Kutu dan Telurnya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar