Tuesday, June 21, 2016

10 Tips Mudik yang Aman dan Nyaman Menggunakan Sepeda Motor

Mudik dengan sepeda motor menjadi salah satu alternative yang banyak dipilih dibandingkan transportasi lainnya. Meski melelahkan, mudik menggunakan sepeda motor memiliki sensasi tersendiri dan pastinya lebih efektif. Namun begitu, jika mudik menggunakan motor jadi pilihan Anda, pastikan lakukan persiapan yang baik dari mulai motor, fisik, dan keperluan lainnya.  Jangan sampai keasyikan memilih mudik dengan motor, lantas Anda mengabaikan kenyamanan dan keselamatan diri sendiri.
Nah, agar perjalanan mudik Anda menggunakan motor bisa berjalan lancer, aman dan nyaman hingga sampai ke tujuan, pastikan simak Tips Mudik yang Aman dan Nyaman Menggunakan Sepeda Motor, berikut ini :

1.    Cek kesiapan motor

Sebelum digunakan mudik, pastikan Anda sudah mendatangi bengkel sepeda motor terdekat untuk mengecek kesiapan motor Anda untuk mudik alias servis. Jangan sampai perjalanan mudik Anda jadi tidak menyennagkan gara-gara motor macet atau mengalami masalah lainnya.

2.    Persiapkan diri Anda

Sebelum berangkat mudik menggunakan sepeda motor, pastikan Anda dalam kondisi sehat dan segar bugar, karena perjalanan mudik membutuhkan konsentrasi tinggi. Selain itu, hilangkan beban pikiran atau apapun yang dapat mengganggu ketenangan dan kenyamanan Anda saat mudik, karena jika Anda tenang dan santai maka perjalanan mudik akan lebih menyenangkan.

3.    Cek kelengkapan bermotor

Sebelum berangkat mudik, jangan lupa periksa kembali kelengkapan motor, dari mulai helm, SIM, STNK, dan lainnya. Jangan lupa juga membawa perkakas motor untuk berjaga-jaga siapa tahu ada masalah darurat di perjalanan.

4.    Pastikan perlengkapan bermotor yang tepat

Kelengkapan bermotor membuat perjalanan Anda makin nyaman dan aman, karena itu pastikan Anda memperhatikannya, dari mulai : kaca mata, sarung tangan, jacket, sepatu, jas hujan, pakaian yang nyaman dan lainnya.

5.    Siapkan obat, vitamin, dan makanan

Meski mudik dalam kondisi puasa, namun bukan berarti Anda boleh mengabaikan keselamatan diri. Pastikan siapkan obat-obatan, vitamin atau makanan selama mudik yaa!

6.    Pilih rute mudik yang tepat

Memilih rute mudik yang tepat wajib dilakukan, karena salah memilih rute dapat menghambat perjalanan Anda. Karena itu pastikan pantau peta mudik, jika perlu siapkan aplikasi peta pada  gadget Anda.

7.    Isi bahan bakar

Bahan bakar sangat penting diperhatikan saat mudik. Pastikan Anda selalu mengisi bahan bakar full tank sehingga tidak sampai kehabisan di perjalanan.

8.    Hindari membawa beban terlalu banyak

Jika Anda mudik bersama istri dan anak, pastikan jangan membawa  barang terlalu banyak agar tidak membebani kendaraan Anda dan pastinya membuat Anda bisa mengendalikan motor dengan nyaman.

9.    Patuhi rambu-rambu lalu lintas

Agar perjalanan mudik selamat tanpa ada satu masalah, pastikan patuhi rambu-rambu lalu lintas yaa! Atur kecepatan bermotor dan jangan sampai berlebihan membawa motor agar terhindar dari kecelakaan.

10.    Jangan lupa istirahat

Meski tidak lelah, pastikan Anda tidak melupakan istirahat. Istirahat membuat Anda lebih bugar dan pastinya motor Anda juga tidak terlalu panas. Pilih tempat istirahat yang pas, misalnya di POM bensin, posko mudik atau tempat lainnya.
Sepuluh tips mudik aman dna nyaman menggunakan sepeda motor diatas diharapkan dapat bermanfaat bagi Anda semua, khususnya yang ingin memilih mudik dengan sepeda motor. Semoga bermanfaat yaa!

Loading...

Baca Juga

10 Tips Mudik yang Aman dan Nyaman Menggunakan Sepeda Motor
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar