Friday, May 13, 2016

Tujuh Manfaat Sehat Mencukur Bulu Kem*luan

IntipsLagi - Mencukur bulu kem*luan mungkin sering dilakukan oleh kebanyakan orang, namun kebanyakan orang tidak menyadari apa manfaat yang didapatkan dari kebiasaan tersebut? Ternyata dalam islam, mencukur bulu kem*luan termasuk satu hal yang disunnahkan. Bahkan disarankan mencukur bulu kem*luan secara rutin, yakni setiap 40 hari sekali. Anjuran ini tidak hanya berlaku pada pria, tapi juga wanita. Bahkan dalam sebuah hadits, disebutkan dari Abu Hurairah  ra:
 “Fitrah ada 5: khitan, mencukur bulu ke*aluan, memendekkan kumis, potong kuku, dan mencabut bulu ke*aluan.” (HR. Bukhari 5891 dan Muslim 257).


Manfaat mencukur Bulu Ke*aluan bagi kesehatan

Ternyata ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari kebiasaan mencukur bulu ke*aluan, diantaranya:
  • Membersihkan produk kelenjar minyak/keringat dengan sempurna. Seperti yang kita tahu jika kelenjar minyak di area tersebut dapat memicu kelembapan yang menyebabkan bakteri mudah berkembang biak sehingga timbul gatal dan keputihan
  • Rambut ke*aluan yang bersih membuat Anda terhindar dari sarang tungau atau kutu kelam*n
  • Mencegah bau tak sedap akibat kotoran atau sel kulit mati yang tertutup rambut
  • Membuat kondisi ke*anitaan Anda lebih bersih, karena proses pembersihan tidak terhalang oleh rambut.
  • Membuat penampilan Anda terlihat bersih dan rapi

Sebaiknya dicukur, dipotong, atau dicabut?

Mungkin tidak semua orang memahami dengan benar, manakah cara membersihkan bulu ke*aluan yang benar. Apakah dicabut, dipotong atau dicukur? Ternyata dibandingkan mencabut dan memotong, mencukur jauh lebih baik untuk bulu ke*aluan. Mencabut tidak hanya menyakitkan, tapi juga menciptakan lubang bekas rambut yang berisiko terinfeksi bakteri/kuman termasuk virus. Sementara itu, memotong membuat tampilannya menjadi kurang rapi dan bersih.

Yang harus diperhatikan saat mencukur bulu kem*luan

Pastikan mencukur bulu dengan alat cukur yang bersih dan steril. Lakukan dengan hati-hati agar tidak menyebabkan infeksi/luka. Jika perlu, gunakan sabun cair atau sabun muka yang memiliki PH sesuai jenis kulit. Setelah dicukur, Anda bisa mengoleskan pelembab atau astringen. Apabila ada luka,Anda bisa mengoleskan krim antibiotic atau antiseptic.

Sudah jelas kan apa yang menjadi tujuan kita saat mencukur bulu kem*luan? Semoga informasi yang berjudul Tujuh Manfaat Sehat Mencukur Bulu Kem*luan diatas dapat membuat kita semakin rajin mengerjakan sesuatu yang tidak hanya bermanfaat tapi juga bernilai pahala.

Loading...

Baca Juga

Tujuh Manfaat Sehat Mencukur Bulu Kem*luan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar