Monday, April 4, 2016

Lindungi Kesehatan Tubuhmu dengan Makanan Berwarna Gelap Ini

IntipsLagi - Pernahkah Anda berpikir, kenapa Allah menciptakan aneka tumbuhan yang berwarna-warni? Ternyata semua itu agar kita lebih mudah mengenali beragam manfaat didalamnya, seperti makanan hijau yang kaya klorofil dan juga vitamin penting lainnya.  Selama ini, kebanyakan orang lebih focus pada makanan hijau untuk menjaga kesehatan. Padahal selain makanan hijau, masih ada makanan berwarna lain yang memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk menjaga kesehatan, yakni makanan berwana gelap.
Lindungi Kesehatan Tubuhmu dengan Makanan Berwarna Gelap Ini
Makanan berwarna gelap memang terlihat kurang menarik. Akan tetapi, jika Anda sudah memahami manfaatnya, dijamin bakal ketagihan dech untuk mengonsumsinya. Hem, kira-kira apa sajakah manfaat sehat yang bisa kita dapatkan dari makanan berwarna gelap? Agar lebih jelasnya, simak beberapa jenis makanan gelap dan manfaatnya untuk kesehatan berikut ini :

Teh hitam

Tidak semua orang tahu akan manfaat luar biasa yang bisa didapatkan dari Teh hitam. Padahal didalamnya mengandung theaflavin yang sangat ampuh menurunkan risiko terkena serangan jantung.

Beras hitam

Beras putih banyak difavoritkan dibandingkan beras lainnya, karena memang rasa dan teksturnya lebih pas bagi lidah orang Indonesia. Padahal beras putih mengandung zat gula yang cukup tinggi sehingga kurang baik untuk kesehatan. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa mengganti dengan beras merah atau hitam. Jika beras merah lebih rendah gula dan karbo, sedangkan beras hitam sangat bagus karena mengandung anthocyanin, antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat pparan radikal bebas.

Mustard hitam

Mustard hitam memang kecil, akan tetapi sangat kaya akan kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi.

Zaitun hitam

Zaitun hitam termasuk dalam jajaran superfood yang sangat tinggi kandungan antioksidannya sehingga sangat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Blackberry

Blacberry memiliki warna gelap yang didalamnya terkandung polifenol yang bermanfaat menjaga kesehatan otak. Dengan rutin mengonsum buah Blackberry, maka Anda akan terhindar dari risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

Wijen hitam

Tidak hanya wijen putih yang bermanfaat, karena wijen hitam juga ampuh jaga kesehatanmu. Hal itu karena kandungan protein yang tinggi didalamnya dapat membantu menormalkan tekanan darah, kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Kacang hitam

Kacang hitam  termasuk salah satu makanan yang kaya kan zat besi yang tidak hanya bagus untuk membantu sirkulasi darah, tapi juga mengurangi risiko penyakit kanker.

Lada hitam

Lada hitam tidak hanya memberi rasa pedas, akan tetapi didalamnya juga terdapat kandungan penting, seperti : Vitamin A, Vitamin C, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, seng, kromium, dan lainnya yang ampuh mencegah serangan penyakit.
Setelah melihat beragam manfaat dari makanan gelap diatas, masihkah Anda meremehkannya? Semoga informasi yang berjudul Lindungi Kesehatan Tubuhmu dengan Makanan Berwarna Gelap Ini diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya

Bau Mulut! Jangan-jangan Anda Menderita 7 Penyakit Ini!
7 Orang yang Berpotensi Terkena Kanker Lidah
Cara Mudah Kurangi Lemak pada Dagu Berlipat
Cara Mudah Cerahkan Pangkal Paha yang Menghitam
Awas, Kebiasaan Membunyikan Tulang Sebabkan Stroke

Loading...

Baca Juga

Lindungi Kesehatan Tubuhmu dengan Makanan Berwarna Gelap Ini
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar