Tuesday, November 3, 2015

Tujuh Cara Mudah Agar Tidak Mendengkur Saat Tidur

Sering merasa malu karena memiliki kebiasaan mendengkur ataau ngorok saat tidur? Mendengkur merupakan satu kondisi dimana Anda mengeluarkan suara saat tidur akibat adanya gangguan dalam saluran udara. Penyebabnya mendengkur sendiri sangat beragam,dinataranyaa : posisi tidur yang salah, adanya gangguan tenggorokan, gangguan hidung, bertambahnya usia, obesitas, kelelahan, dan lain sebagaainya. Mendengkur tidak hanya mengganggu orang lain, tapi juga merusak kesehatan Anda, karena itu sudah seharusnya Anda berusaha mengatasinya.
  Mendengkur/google+
Mungkin tak banyak yang tahu, bagaimana caranya agar tidur tidak mendengkur? Agar lebih jelasnya, simak 7 cara  mudah agar tidak mendengkur saat tidur berikut ini :

1.    Posisikan tidur yang benar

Posisi  tidur yang tidak baik bisa menyebabkan Anda mendengkur, misalnyaa : terlentang. Oleh karena itu, usahakan tidur dalam posisi yang benar, yakni miring ke kanan. Selain membuat Anda tidak mendengkur, posisi tidur yang benar juga dapat membuat Anda lebih segar dan bugar saat bangun tidur. 

2.    Hentikan kebiasaan mer*kok

Mer*kok termasuk salah satu pemicu ngorok, karena racun dalam r*kok menyebabkan peradangan pada selaput lendir hidung sehingga sangat mengganggu ketika bernafas. Untuk itu, hentikan kebiasaan mer*kok agar masalah Anda teratasi. 

3.    Hindari minum obat-obatan menjelang tidur

Mengonsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan gangguan nafas sehingga ngorok akan sulit dihindari. Oleh karena itu usahakan untuk tidak minum obat-obatan menjelang tidur.

4.    Turunkan berat badan

Obesitas termasuk salah satu pemicu mendengkur saat tidur. Oleh karena itu, usahakan menjaga berat badan yang ideal agar pernafasan lebih lancar saaat tidur.   

5.    Jaga Pola tidur yang tepat

Pola tidur yang baik, yakni 7-8 jam sehari dapat menghindarkaan Anda dari kebiasaan mendengkur.  Seperti yang kita tahu, salah satu penyebab mendengkur adalah kelelahan atau tidur terlalu nyenyak.

6.    Jaga kebersihan bantal dan sprei

Salah satu penyebab mendengkur adalah alergi, karena itu pastikan bersihkan bantal dan sprei dari debu dan kotoran yang menempel.

7.    Minum air putih

Mencukupi kebutuhan cairan tidak haanya membuat tubuh lebih segar dan bugar, tapi juga membantu melembutkan sekresi hidung sehingga hidung tidak tersumbat lagi.
Meskipun terlihat sepele, kebiasaan mendengkur harus segera diatasi dengan baik agar tidak merugikan kesehatan. Semoga informasi yang berjudul Enam Cara Mudah Agar Tidak Mendengkur Saat Tidur diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

sumber : alodokter, pengalaman pribadi

Loading...

Baca Juga

Tujuh Cara Mudah Agar Tidak Mendengkur Saat Tidur
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar