Wednesday, October 28, 2015

Anda Sering Anyang-Ayangan? Jangan-Jangan 7 Hal Ini Penyebabnya

Pernahkah Anda mengalami “Anyang-anyangan”? Anyang-anyangan termasuk satu gangguan yang terjadi saat buang air kecil, dimana muncul sensasi ingin buang air kecil, namun volume air kencingnya sangat sedikit dan kadang timbul rasa nyeri/sakit. Dalam istilah medis, anyang-anyangan disebut dengan infeksi saluran kemih. Meskipun terlihat sepele, namun anyang-anyangan yang tidak kunjung sembuh dalam waktu lebih dari tiga hari menunjukkan adanya penyakit serius sehingga wajib diperiksakan ke dokter untuk memastikan penyebabnya.
Anyang-anyangan bisa menimpa siapa saja tanpa pandang usia, oleh karena itu wajib bagi kita untuk mewaspadainya. Mungkin tak banyak yang tahu, apa saja yang menjadi penyebab anyang-anyangan. Untuk itu, simak Tujuh Penyebab Anyang-Ayangan berikut ini :
Anyang-anyangan

1.     Dehidrasi

Dehidrasi dapat mengganggu kesehatan tubuh, salah satunya menyebabkan sensasi nyeri saat buang air kencing atau anyang-anyangan. Hal itu sudah jelas, karena saat seseorang kekurangan cairan/dehidrasi, otomatis tubuhnya akan memproduksi urin dalam jumlah yang sedikit. (Cara Merawat Rambut Berhijab Di Musim Panas)

2.    Kuman

Salah satu penyebab seseorang anyang-anyangan adalah kuman yang masuk ke saluran kemih akibat cara cebok yang salah. Untuk itu, pastikan cuci organ *ntim dengan benar, yakni tidak boleh dari anus ke v*g*na, harus dari vag*na ke belakang. (Enam Penyebab Pecahnya Pembuluh Darah Di Otak)

3.    Kurang Menjaga Kebersihan

Kurang menjaga kebersihan juga bisa menjadi salah satu penyebab anyang-anyangan, oleh karena itu pastikan jaga kebersihan tubuh Anda, misalnya : mandi secara teratur, ganti celana dalam secara rutin, cuci tangan setelah dari toilet,  dan lainnya. (Ingin Cepat Hamil? Konsumsi 7 Nutrisi Peningkat Kesuburan)

4.    Bakteri Chlamydia

Penyebab anyang-anyanggan yang lainnya adalah Bakteri chlamydia. Bakteri ini bisa masuk ke dalam saluran kencing sehingga anyang-anyangan tak bisa dihindari. (Tips Membuat Masakan Gurih Tanpa MSG)

5.    Gangguan Prostat

Anyang-anyangan pada pria bisa jadi akibat adanya gangguan pada fungsi prostat. Untuk itu, segera periksakan ke dokter jika anyang-anyangan terdiri lebih dari tiga hari. (ATasi Keracunan Makanan denegan Tujuh Bahan Alami Ini)

6.    Penyakit kronis

Anyang-anyangan juga bisa terjadi akibat reaksi penyakit kronis, seperti : diabetes mellitus. Penderita diabetes sering mengalami sensasi ingin buang air kencing, sayangnya urine yang dikeluarkan hanya sedikit. Selain Diabetes, anyang-anyangan juga bisa menimpa seseorang dengan kadar asam urat tinggi dan juga hipertensi.

7.    Hamil

Saat kehamilan masuk trimester akhir, wanita akan mengalami anyang-anyangan. Hal itu bisa dikatakan normal, karena kandungan yang semakin membesar membuat kandung kemih ikut tertekan. Akibatnya, ibu hamil akan mengalami sensasi buang air kecil, namun urine yang dikeluarkan tidak banyak.

8.    Batu ginjal

Batu ginjal juga bisa menyebabkan seseorang anyang-anyangan/infeksi saluran kemih. Hal itu akibat batu ginjal menekan saluran kencing, sehingga seseorang akan mengalami sensasi buang air kecil namun urine yang dikeluarkan sangat sedikit akibat tersumbat batu ginjal.
Meskipun sepele, namun Anyang-anyangan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Oleh karena itu dibutuhkan upaya yang tepat untuk mengatasinya, misalnya : minum air, obat antibiotic, ramuan tradisional, dan lain sebagainya. Semoga artikel yang berjudul Tujuh Penyebab Anyang-Ayangan yang Wajib Anda Tahu diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
sumber : hallosehat, alodokter, pengalaman pribadi

Loading...

Baca Juga

Anda Sering Anyang-Ayangan? Jangan-Jangan 7 Hal Ini Penyebabnya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar