Monday, July 27, 2015

Bahaya Gusi Berdarah yang Sering Diabaikan dan Cara Mengatasinya

Gusi merupakan bagian tubuh yang penting, dimana ia menjadi tempat pertumbuhan gigi. Jika gusi tidak sehat, maka secara otomatis akan mengganggu proses mencerna makanan. Salah satu masalah gusi yang sering dialami banyak orang adalah gusi berdarah. Sayangnya Gusi berdarah seringkali dianggap biasa, bahkan banyak yang mengabaikannya. Padahal jika tidak ditangani dengan benar, gusi berdarah bisa berakibat fatal.

Gusi berdarah sendiri bisa terjadi karena kurang menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, kesalahan saat menggosok gigi, kurang vitamin, dan berbagai masalah lainnya. Jika diabaikan, gusi berdarah dapat menyebabkan penyakit gingivitis dan perionditis. Hem, apakah gingivitis dan perionditis itu? Gingivitis merupakan penyakit kronis akibat adanya penumpukan plak gigi yang berasal dari sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi. Sedangkan perionditis merupakan penyakit pembusukan pada gigi. Selain itu, gusi berdarah juga menimbulkan sakit gigi, bau mulut, dan gigi berlubang.
Untuk mengatasi gusi berdarah agar tidak menjadi masalah serius, simak beberapa tips sehat berikut ini :

Perbanyak asupan makanan yang kaya Vitamin C dan kalsium

Makanan kaya Vitamin C dan kalsium sangat dibutuhkan untuk membantu menutrisi gigi dan gusi, memperbaiki kerusakan gigi dan menyembuhkan gusi berdarah.

Membatasi makanan manis

Agar gigi dan gusi sehat, sebisa mungkin batasi konsumsi makanan manis. Karena makanan manis dapat memicu peradangan pada gusi dan kerusakan pada gigi.

Menjaga kebersihan gigi dan gusi

Salah satu cara untuk mencegah masalah pada gigi dan gusi adalah menjaga kebersihan dan kesehatannya.

Memilih sikat gigi yang tepat

Selain cara menyikat gigi yang benar, Anda juga harus memilih sikat gigi yang tepat untuk gigi dan gusi, yakni : lembut, halus dan tidak melukai gusi.

Hindari kebiasaan buruk yang melukai gusi

Hindari kebiasaan buruk yang melukai gusi, misalnya : menggunakan tusuk gigi sembarangan, mencongkel gigi dengan benda tajam, dan lain sebagainya.

Hindari mer*kok dan minum memabukkan

Selain merusak kesehatan, kebiasaan buruk tersebut dapat memperburuk kondisi kesehatan gigi dan gusi.

Periksa ke dokter gigi

Rutin memeriksakan kesehatan gigi secara rutin ke dokter gigi agar masalah Anda segera mendapatkan solusi yang tepat.

Loading...

Baca Juga

Bahaya Gusi Berdarah yang Sering Diabaikan dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar