Monday, May 18, 2015

Cara Mudah Mengatasi Gatal di Kulit Kepala yang Mengganggu


Pernah mengalami gatal di kulit kepala yang mengganggu? Gatal di kulit kepala termasuk satu masalah yang memalukan, bagaimana tidak, penampilan rambut Anda jadi berantakan gara-gara aktivitas menggaruk yang berlebihan di tempat umum. Gatal di kepala bisa disebabkan berbagai masalah, diantaranya : kotoran, ketombe, pengaruh cuaca, alergi produk perawatan rambut (shampo, minyak, atau lainnya), atau bisa jadi karena kutu rambut.
Berbeda masalah, berbeda pula cara solusinya. Demikian juga dengan gatal pada kulit kepala. Nah, berikut ini cara mengatasi gatal pada kulit kepala sesuai dengan masalahnya:

Kotoran

Kotoran yang menempel di kulit seringkali menimbulkan rasa gatal yang mengganggu. Untuk mengatasinya, Anda harus rajin mencuci rambut secara teratur. Gunakan penutup kepala ketika beraktivitas di luar ruangan.

Ketombe

Masalah ketombe tidak hanya membuat gatal di kulit kepala, tapi juga merusak penampilan Anda. Menggaruk bukanlah solusi yang tepat, karena justru menyebabkan serpihan putih bertaburan di rambut atau di pakaian. Ketombe bisa disebabkan oleh sel kulit mati, jamur, atau pemakaian produk rambut yang salah. Cara mengatasinya, Anda bisa menggunakan shampo anti ketombe, atau menggunakan bahan alami yang terbukti ampuh mengatasi ketombe, diantaranya : jeruk nipis, lidah buaya, cuka putih.

Kondisi cuaca

Cuaca panas seringkali membuat rambut berminyak dan terasa gatal, untuk mengatasinya tentu saja Anda harus menghindari terlalu lama di bawah terik matahari langsung. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pelindung kepala, misalnya : topi atau kerudung, payung, dan lainnya.

Alergi

Gatal di kulit kepala bisa jadi karena alergi terhadap pemakaian produk perawatan rambut, misalnya : minyak rambut, shampo, gel, conditioner, hair spry atau pemakaian hairdryer yang terlalu sering. Untuk mengatasinya, hindari gonta-ganti merk produk rambut, segera hentikan pemakaian produk jika menimbulkan alergi, dan sebisa mungkin teliti lebih dahulu sebelum membeli produk rambut.

Kutu rambut

Masalah kutu rambut memang mengganggu, karena rasa gatal yang ditimbulkan sangat parah, bahkan bisa menimbulkan luka/koreng. Selain kutunya, telur kutu juga bisa merusak penampilan karena dia menempel kuat pada rambut. Bayangkan saja, rambut hitam dan indah Anda yang tiba-tiba terlihat penuh bintik keputihan. Hem.. memalukan sekali bukan? Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat pembasmi kutu atau menggunakan bahan-bahan alami, diataranya : Minyak kelapa, campuran minyak kayu putih dan jeruk nipis, cuka putih, bawang merah yang langsung dibalurkan pada rambut seraya dipijat-pijat lembut.  Setelah kutu hilang, Anda harus selalu menjaga kebersihan rambut agar kutu tidak kembali bersarang pada rambut cantik Anda.
Semoga informasi tentang cara mengatasi gatal di kulit kepala diatass dapat membantu mengatasi masalah Anda. Selamat mencoba!

Loading...

Baca Juga

Cara Mudah Mengatasi Gatal di Kulit Kepala yang Mengganggu
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar