Thursday, June 18, 2015

Penyebab Bibir Kering dan Pecah Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Saat menjalankan ibadah puasa, kita tidak hanya wajib memperhatikan asupan nutrisi tapi juga cairan. Cairan yang cukup tidak hanya membuat tubuh segar bugar tapi juga menghindarkan Anda dari gangguan kesehatan. Sebaliknya, kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi yang menimbulkan gangguan kesehatan, salah satunya bibir kering dan pecah-pecah.
Meskipun sepele, bibir kering dan pecah-pecah sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman saat makan. Untuk itu, pastikan cukupi kebutuhan cairan saat makan sahur

Cara Mengatasi bibir Kering dan Pecah-pecah saat puasa

Jika terlanjur mengalami bibir kering dan pecah-pecah, Anda harus segera mengatasinya agar tidak tersiksa dengan rasa perih dan tidak nyaman pada bibir. Ingin tahu bagaimana caranya? Intips caranya aja yuk…

Hindari kebiasaan menjilat bibir

Menjilat bibir sering dianggap membantu melembabkan bibir, padahal kebiasaan salah tersebut justru memperburuk kondisi kulit bibir Anda. Air liur yang menempel pada bibir justru membuat bibir Anda lebih kering, karena itu hindari kebiasaan menjilat bibir.

Membantu mengelupas kulit bibir

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat bibir kering, Anda bisa membantu mengelupas kulit bibir. Caranya dengan membasahi kapas menggunakan air hangat, lalu oleskan pada bibir hingga kulit kering terkelupas. Jangan menggosok terlalu keras agar tidak melukai bibir.

Oleskan lip balm

Lip balm membantu menjaga kelembaban bibir Anda sehingga masalah bibir kering dan pecah-pecah bisa berkurang.

Kurangi makanan pedas dan asin

Makanan pedas memang nikmat dan menggugah selera, namun berlebihan mengonsumsinya akan memperburuk kondisi bibir Anda. Untuk itu, kurangi konsumsi makanan pedas dan asin.

Oleskan madu dan minum

Madu terbukti ampuh mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu, madu juga membantu menjaga kesehatan Anda selama menjalankan ibadah puasa. Oleskan madu pada bibir saat tidur, dan minum madu saat berbuka puasa dan makan sahur akan membuat kondisi Anda semakin membaik.

Konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran kaya nutrisi yang menyehatkan tubuh dan mengatasi bibir kering. Untuk itu, pastikan konsumsi buah dan sayuran saat sahur dan buka puasa yang mengandung banyak air, vitamin dan mineral yang bagus untuk menghindari bibir kering dan pecah-pecah.
Semoga informasi tentang Penyebab Bibir Kering dan Pecah Saat Puasa dan Cara Mengatasinya diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

Loading...

Baca Juga

Penyebab Bibir Kering dan Pecah Saat Puasa dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar