Thursday, October 24, 2019

Waspadai 7 Masalah Kesehatan Akibat Cuaca Panas Ekstrim

Anda merasa tersiksa dengan Suhu udara yang panasnya luar biasa ekstrim belakangan ini?  Hampir semua orang di sejumlah daerah di Indonesia mengeluhkan suhu panas yang diluar kewajaran. Hal ini bukan tanpa sebab, suhu panas tinggi ditambah teriknya matahari di siang hari tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi kebanyakan orang yang beraktivitas di luar ruangan. Cuaca panas tak hanya membuat tubuh gampang lemes, tapi juga banyak ancaman kesehatan yang siap menyerang. Sayangnya tak semua orang sadar akan bahaya yang mengintai akibat cuaca panas, padahal hanya dengan mengetahui bahayanya, maka mereka bisa melakukan upaya pencegahan.
bahaya cuaca panas
Nah, berikut ini saya akan sebutkan beberapa penyakit yang siap menyerang saat cuaca panas, diantaranya :

1. Dehidrasi

Cuaca panas membuat tubuh lebih banyak kehilangan cairan. Akibatnya tubuh jadi lemas dan mudah lelah. Jika tak segera diatasi, maka Anda akan mengalami dehidrasi akut.
2. Menurunnya system imun
Perubahan suhu ekstrim membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit, untuk itu pastikan bijak dalam menjaga pola hidup yang lebih sehat agar daya tahan tubuh selalu meningkat.

3. Heat stroke

Cuaca panas dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Jika dehidrasi tak diatasi tapi terus menerus terpapar cuaca panas, maka dapat berlanjut menjadi heat stroke yang menyebabkan kerusakan otak, otot, organ tubuh hingga kematian.

4. Penyakit jantung

Suhu udara yang terlalu tinggi dapat berpengaruh pada kesehatan jantung.  Saat tubuh mengalami kelelahan akibat cuaca panas, maka tubuh akan lebih banyak membutuhkan oksigen. Nah, kondisi inilah yang menyebabkan jantung jadi bekerja keras sehingga kalau tidak segera diatasi dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

5. Panas dalam

Cuaca panas ekstrim membuat suhu tubuh meningkat. Jika kondisi tersebut tidak diimbangi dengan asupan makana yang baik, maka dapat mengakibatkan munculnya panas dalam.  Hal ini tentu sangat menyiksa, karena  tubuh menjadi tidak fit, sariawan, sakit tenggorokan, demam dan lainnya.

6. Masalah kesehatan kulit

Cuaca panas juga dapat mendatangkan banyak masalah kulit, dari mulai iritasi, kulit terbakar, kulit kering dan masih banyak yang lainnya. Jadi selain menjaga asupan cairan, pastikan Anda juga melindungi kulit dari panasnya matahari langsung.

7. Sakit kepala 

Perubahan suhu udara yang mendadak, namun sayangnya direspon lambat oleh tubuh. Nah, akibat tubuh tidak bisa beradaptasi dengan cepat, maka muncullah masalah, seperti pusing dan sakit kepala.
Setelah mengetahui 7 penyakit yang siap mengintai saat cuaca panas ekstrim diatas, pastinya kita bisa lebih waspada lagi untuk lebih menjaga kesehatan tubuh.

Loading...

Baca Juga

Waspadai 7 Masalah Kesehatan Akibat Cuaca Panas Ekstrim
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar