Friday, June 16, 2017

7 Tips Ibu Menyusui Tetap Lancar Puasa Tanpa Kendala

IntipsLagi - Puasa lancar meski lagi menyusui, kenapa tidak? Umumnya, ibu menyusui seringkali merasa lapar dan haus. Dengan kondisi tersebut, bagaimana ibu menyusui bisa kuat puasa, apa tidak mengganggu kelancaran ASI?  Sebenarnya untuk ibu menyusui, islam memberikan keringanan untuk tidak berpuasa dengan syarat menggantikan di hari lain dan membayar fidyah. Namun ada sebagian ibu yang merasa kuat dna semangat untuk ikut berpuasa meski sedang menyusui. Tidak mengapa, tapi ibu harus tahu jika bususui memang dituntut untuk memperhatikan kualitas dan kuantitas makanan yang dikonsumsi, sementara itu waktu puasa jelas asupan makanan jadi berkurang. Tapi hal ini bukan alasan untuk ibu menyusui tidak puasa, karena dengan beberapa tips tertentu, ibu bisa tetap lancar berpuasa meski sedang menyusui.  Badan Lemas Setelah Buka Puasa? Kenali 6 Penyebabnya
menyusui meski puasa/arabia.com

Kira-kira apa sajakah tips yang bisa diterapkan pada ibu menyusui yang ingin berpuasa dengan lancar? Simak informasinya yuk…Bahaya Mencampur Susu dengan Buah-Buahan

1.    Konsumsi makanan pelancar ASI

Ada beberapa jenis makanan yang kaya nutrisi sehingga membantu melancarkan ASI, diantaranya : sari kurma, madu, daun katuk, habatussauda, kurma, dna lainnya. Jadi selain menjaga asupan makanan bernutrisi, ibu menyusui bisa memilih beberapa makanan pelancar ASI tersebut.

2.    Penuhi kebutuhan cairan

Cairan termasuk asupan yang harus dipenuhi bususui selama berpuasa, karena menyusui membutuhkan banyak asupan cairan. Minum air putih sebanyak mungkin selama rentang waktu berbuka hingga sahur.

3.    Pastikan si kecil kenyang

Jika si kecil sudah mengonsumsi MPASI, pastikan dia mengonsumsi makanan atau cemilan sehat agar dia tidak tergantung pada ASI saja. Dengan demikian, ibu tidak mudah lapar dan haus.

4.    Hindari makanan yang merugikan ibu

Ada beberapa jenis makanan yang dapat merugikan kesehatan ibu, seperti makanan pedas, berminyak dan berlemak. Selain mengganggu kesehatan, makanan tersebut juga memicu rasa haus berlebihan sehingga dapat membatalkan puasa.

5.    Perbanyak makan buah dan sayur

Buah dan sayur tidak hanya kaya vitamin, tapi juga serat aami yang membuat ibu merasa kenyang lebih lama dan pastinya melancarkan pencernaan.

6.    Hindari stress dan kelelahan

Stres dan kelelahan dapat mengurangi kelancaran ASI, maka itu pastikan ibu memilih beberapa aktivitas positif yang tidak mengakibatkan kelelahan fisik maupun stress.

7.    Minta dukungan dari keluarga tercinta

Dukungan dan support dari orang-orang tercinta, seperti suami sangat diperlukan bagi ibu menyusui agar lancar puasa. Maka itu, pastikan ibu mendapatkan dukungan terbaik yaa..
Puasa ramadhan itu dapat mendatangkan pahala melimpah, maka itu pastikan kerjakan dengan ikhlas dan penuh semangat. Semoga puasa ibu lancar yaa!

tags ; hukum puasa bagi ibu menyusui, menu puasa ibu menyusui, puasa ibu menyusui bayi 3 bulan. hukum puasa bagi ibu menyusui eksklusif. membayar fidyah ibu hamil dan menyusui, ibu menyusui puasa bayi mencret, puasa ibu menyusui fidyah, bolehkah ibu menyusui puasa senin kamis

Loading...

Baca Juga

7 Tips Ibu Menyusui Tetap Lancar Puasa Tanpa Kendala
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar