Sunday, March 19, 2017

Penyebab Bayi Menolak ASI dan Cara Mengatasinya

IntipsLagi - Hampir semua ibu pasti memiliki keinginan untuk menyusui bayinya? Akan tetapi proses menyusui juga tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Karena pada kenyataannya, ada beberapa masalah yang mungkin membuat ibu stress hingga memutuskan untuk berhenti menyusui, salah satunya : bayi menolak ASI. Bentuk penolakan bayi pada ASI sendiri bisa dilihat dari ekspresi bayi, misalnya : bayi kurang semangat menghisap ASI, bayi menangis dan meronta saat ibu berusaha memberikan ASI, bayi hanya mau menyusu satu payudara dan menolak yang lainnya, dan masih banyak yang lainnya.   Stop Minum Saat Makan, Ini Bahayanya!

Penyebab Bayi Menolak ASI dan Cara Mengatasinya
Apapun masalahnya, penolakan bayi pada ASI tentulah membuat ibu merasa bingung, stress dan putus asa. Karenanya tak heran jika ada sebagian ibu yang memilih berbagai cara agar sang buah hati mau mengonsumsi ASI, salah satunya : pompa ASI dan meminumkan pada bayi melalui botol. Sebenarnya masalah bayi menolak ASI tidak perlu dipusingkan, karena masalah ini bisa diatasi dnegan mudah, asalkan Anda tahu apa yang menjadi penyebabnya. Agar lebih jelasnya, simak beberapa penyebab bayi menolak ASI dan cara mengatasinya berikut ini :   Tips Cerdas Kelola Uang Bulanan untuk Anak Kos Agar Tidak Nombok

Penyebab bayi menolak ASI dan cara mengatasinya

Bayi dalam kondisi mengantuk

Bayi baru lahir umumnya masih sering tidur, sehingga dia mungkin menolak ASI. Jangan khawatir, pastikan jadwal menyusui yang tepat, misalnya 2 jam sekali. Apabila bayi tetap tidur, bangunkan dengan penuh cinta, misalnya : menggelitiki telapak kakinya, ketiaknya seraya merangsang mulut bayi dengan ASI.  Tangan Sering Basah karena Keringat? Ini Cara Mengatasinya

Posisi menyusui yang tidak tepat

Solusinya, Anda harus mencoba posisi yang tepat saat menyusui, karena selain ibu, bayi juga akan merasa nyaman saat menyusu.  Waspadai 11 Gejala Tubuh Ketika Gula Darah Meningkat

Bayi dalam kondisi sakit

Sakit bisa jadi alasan bayi menolak ASI, misalnya : pilek, batuk, sariawan, demam, dan lainnya. Karena itu, pastikan kondisi bayi Anda selalu sehat agar pemberian ASI tetap lancar.

Bayi mengalami tumbuh gigi

Tumbuh gigi juga membuat bayi merasa tidak nyaman pada gusi sehingga dia menolak ASI. Untuk mengatasinya ini, ibu harus sabar dalam memberikan ASI. Jika bayi demam, berikan obat demam khusus bayi tumbuh gigi.

Bayi merasa kekenyangan

Bayi yang kekenyangan juga akan menolak ASI. Jika dipaksakan, maka dia akan menangis atau malah muntah. Nah, loh… kondisi ini pasti akan membuat ibu semakin panic bukan? Untuk itu, pastikan lihat kondisi bayi dan jangan lupa selalu sendawakan bayi seusai menyusu.

Bayi Anda mengalami bingung putting

Bingung putting juga menjadi salah satu pemicu bayi menolak ASI. Penyebabkan sendiri karena pemberian susu formula atau ASI dalam dot (botol). Untuk itu, pastikan menyusui bayi secara alami saja agar buah hati Anda tidak mengalami bingung putting.

ASI yang keluar terlalu deras

ASI terlalu deras juga membuat bayi merasa trauma hingga menolak ASI. Oleh karena itu, apabila ASI terlalu deras, Anda bisa memompanya sedikit agar tidak membuat bayi Anda menolak ASI.
Setelah memahami penyebab bayi menolak ASi dan cara mengatasinya diatas, pastinya Anda tidak perlu stress apalagi putus asa. Semoga informasi diatas dapat membuat Anda semakin bersemangat dan bahagia menikmati moment indah menyusui sang buah hati.

Tags : kenapa bayi tiba tiba tidak mau menyusu, doa agar bayi mau menyusu ibunya, cara agar bayi mau menyusu asi lagi, penyebab bayi malas menyusu, bayi 3 bulan tidak mau menyusu, penyebab bayi tidak mau minum asi, bayi tidak mau minum asi langsung, penyebab bayi tidak mau minum susu

Loading...

Baca Juga

Penyebab Bayi Menolak ASI dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar