Saturday, January 21, 2017

Kenali 7 Bahaya pada tubuh Akibat kekurangan serat

Serat termasuk nutrisi utama yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Ketika pencernaan kita sehat, maka secara otomatis tubuh akan sehat, sebaliknya jika pencernaan kita bermasalah, maka sudah pasti kesehatan tubuh kita akan ikut bermasalah. Kita bisa mendapatkan makanan berserat dari buah, sayur, biji-bijian maupun kacang-kacangan. Konsumsi makanan berserat harus dilakukan setiap hari agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit. Nah, agar kita semakin paham akan pentingnya serat untuk kesehatan tubuh, sebaiknya kita mengenal beberapa bahaya pada tubuh akibat kekurangan serat.

Apa sajakah bahayanya? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

1.    Sembelit

Konsumsi serat yang cukup membantu melancarkan pergerakan usus sehingga Anda terhindar dari sembelit atau susah BAB. Jika pencernaan lancar, maka Anda juga akan terhindar dari risiko kanker usus.

2.    Mengancam kesehatan jantung

Serat memiliki fungsi seperti spons yang membantu menyerap lemak jahat dalam darah sehingga membantu mengurangi masalah pada jantung.

3.    Obesitas

Kurang serat mengakibatkan seseorang merasa mudah lapar, meskipun Anda sudha makan dalam jumlah banyak. Ketika perut mudah lapar, maka otomatis kita akan mengonsumsi lebih banyak makanan dan hal inilah yang kemudian menyebabkan obesitas.

4.    Diabetes

Kekurangan serat membuat kadar gula darah menjadi tidak stabil, bahkan cenderung meningkat. Jika hal ini tidak segera diatasi, maka risiko terkena diabetes akan semakin meningkat.

5.    Tinggi kolesterol

Ketika tubuh kekurangan serat, maka kolesterol jahat akan menumpuk dan mengendap dalam tubuh. Serat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh yang berpotensi membahayakan jantung.

6.    Kanker usus dan kanker lambung

Bahaya lainnya akibat kurang serat adalah meningkatkan risiko penyakit kanker usus dan kanker lambung. Hal ini terjadi akibat kurang asupan serat, dan banyak mengonsumsi makanan berlemak, berminyak dan berprotein tinggi sehingga berakibat pencernaan menjadi terhambat dan tubuh sulit mengeluarkan racun.

7.    Merusak kecantikan Kulit

Serat tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tapi juga bisa berpengaruh pada kesehatan kulit. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya serat agar kulit lebih halus, kenyal dan elastis.
Dengan mengenali 7 Bahaya pada tubuh Akibat kekurangan serat diatas, maka kita akan semakin bersemangat mengonsumsi makanan berserat. Semoga bermanfaat yaa!

Tags : Bahaya kurang serat, penyakit akibat kurang serat, manfaat makanan berserat bagi kesehatan, manfaat makanan berserat untuk kecantikan

Loading...

Baca Juga

Kenali 7 Bahaya pada tubuh Akibat kekurangan serat
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar