Sunday, July 31, 2016

Cara Alami dan Cepat Atasi Kaki Rayapan

Pernahkah Anda mendengar tentang “Kaki rayapan”? Kaki rayapan atau yang dalam istilah medis disebut pitted keratolysis merupakan infeksi bakteri yang terdapat pada telapak kaki. Dalam kondisi ini, telapak kaki seseorang akan mengalami lubang-lubang dangkal serta bau kaki yang menyengat. Kondisi ini akan semakin parah jika penderita kurang menjaga kebersihan kaki. Lubang-lubang pada telapak kaki tersebut bukan karena digigit rayap, akan tetapi karena infeksi jamur dan bakteri.  Meski tidak sakit  dan bukanlah penyakit menular, namun seseorang yang kakinya rayapan pasti akan merasa kurang percaya diri, terutama jika bertelanjang kaki.

Jika selama ini Anda merasa sebel dan stress karena kaki rayapan, sebaiknya simak  informasi tentang cara alami dan cepat untuk atasi kaki rayapan, berikut ini :

•    Rendam kaki dengan cairan atau sabun antiseptic dan antibakteri

Untuk membebaskan kaki dari bakteri, Anda bisa merendam kaki dengan cairan atau sabun antibakteri  dan antiseptic. Gunakan sikat atau batu untuk menggosok kaki hingga bersih.

•    Rendam dalam larutan Teh hangat

Selain cairan antiseptic dan antibakteri, Anda juga bisa merendam kaki dalam larutan teh hangat. Caranya mudah banget, cukup rebus air bersama teh hingga mendidih. Biarkan hingga hangat  dan rendam kaki Anda  yang rayapan selama 20-30 menit seraya gosok-gosok lembut. Kandungan asam tannic yang membantu menghancurkan jamur dan melenyapkan bau menyengat.

•    Rendam kaki dalam air garam

Selain cairan antiseptic dan antibakteri serta larutan Teh, Anda juga bisa manfaatkan air garam. Larutan air garam akan membantu menyingkirkan jamur pada telapak kaki. Karena itu, Anda bisa merendam kaki secara rutin pada air garam agar bau menyengat bisa lenyap dan kaki rayapan juga bisa sembuh.

•    Keringkan hingga benar-benar kering

Setelah direndam, Anda bisa mengeringkan telapak kaki dengan handuk atau kain hingga kering.

•    Taburkan bedak

Untuk menjaga telapak kaki agar tetap kering, Anda bisa menaburkan bedak secara  merata  pada  telapak kaki.

•    Hindari menggunakan sepatu terlalu lama

Menutup kaki seharian sebabkan kaki berkeringat dan lembab. Kondisi ini yang membuat bakteri semakin kerasan. Oleh karena itu, hindari mengenakan sepatu seharian, tapi buka dan jaga agar tetap kering.
Selain cara diatas, Anda jangan pernah lupa untuk menjaga kebersihan kaki, dari mulai pemilihan kaus kaki yang menyerap keringat, mencuci sepatu secara rutin, dan beberapa cara lainnya. Semoga informasi Cara  Alami dan Cepat Atasi Kaki Rayapan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...

Baca Juga

Cara Alami dan Cepat Atasi Kaki Rayapan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar