Monday, March 21, 2016

7 Penyakit Pada Lidah Yang Patut Diwaspadai

IntipsLagi - Lidah termasuk salah satu organ tubuh yang sangat vital bagi manusia, karena bermanfaat sebagai indera pengecap dan perasa.  Adanya kelaianan dan penyakit pada lidah pasti akan mengganggu keseharian Anda, terutama ketika menikmati makanan. Seenak apapun makanan yang kita konsumsi, tetaplah tidak akan terasa nikmat ketika lidah bermasalah. Selain itu, penyakit pada lidah juga mengurangi kenyamanan saat bicara, bahkan bisa juga menimbulkan bau tidak sedap. Hem, mengingat pentingnya fungsi lidah, maka sudah selayaknya kita menjaga dan merawatnya agar senantiasa terhindar dari berbagai masalah atau penyakit serius.
Meski ada penyakit lidah yang bisa sembuh dengan sendirinya, seperti sariawan,  namun bukan berarti Anda bisa meremehkan setiap masalah yang terjadi pada lidah. Karena ternyata ada banyak jenis penyakit pada lidah yang berbahaya sehingga kita patut mewaspadainya sedini mungkin agar upaya pengobatan bisa segera dilakukan. Nah, agar kita senantiasa berhati-hati dan waspada dalam menjaga dan merawat lidah, ada baiknya jika kita simak 7 Penyakit Pada Lidah Yang Patut Diwaspadai, berikut ini :

1.    Sariawan

Sariawan termasuk satu kelainan yang bisa menimpa mulut dan lidah yang berupa luka kecil berwarna putih atau kekuningan. Meski kecil, namun luka sariawan seringkali membuat seseorang merasa kesakitan saat makan/minum. Penyebab sariawan sendiri sangat beragam, diantaranya : tergigit, konsumsi makanan/minuman panas, kebersihan mulut kurang terjaga, daya tahan tubuh rendah, alergi, kurang vitamin C, dan lainnya. Sariawan memang mengganggu, namun Anda tidak perlu kawatir, karena ia bisa sembuh dengan sendirinya.

2.    Kanker lidah

Kanker lidah merupakan kanker yang mucul di area lidah dan sekitarnya. Kanker lidah biasanya diawali dengan benjolan, bercak putih, atau luka mirip sariawan yang tak kunjung sembuh. Penyebab kanker lidah juga beragam, diantaranya : mer*kok, minum keras, kebersihan mulut tidak terjaga, yang tidak tepat, radang, dan lain-lain. Diantara gejala awal yang  dirasakan, antara lain : perdarahan, nyeri hebat, sulit menelan makanan, bengkak dan matirasa pada area lidah, sakit menjalar pada telinga, dan lainnya.

3.    Peradangan pada lidah

Penyakit lidah ini biasa disebut Atrophic glossitis atau paradangan pada lidah. Penyakit ini disebabkan karena seseorang menderita anemia atau kekurangan zat besi. Gejala yang muncul adalah lidah kehilangan rasa, lidah terlihat lebih licin dan mengkilat.

4.    Oral candidosis

Termasuk kelainan pada lidah yang dipicu oleh jamur cadida albicans. Dalam kondisi ini, umumnya lidah akan terdapat bercak putih yang terus menebal apabila tidak segera diobati. Segera periksakan ke dokter agar Anda segera mendapatkan obat atau salep anti jamur.

5.    Geografic Tongue

Penyakit pada lidah ini umumnya ditandai dengan munculnya bercak-bercak merah dan licin pada lidah yang berbentuk mirip pulau. Kebanyakan penyakit ini menyerang anak kecil diatas usia 2 tahunan, dimana penyakit ini terjadi akibat alergi makanan, infeksi demam, radang, dan lainnya.

6.    Fissured tongue

Penyakit Fissured tongue atau lidah retak-retak termasuk satu kondisi dimana kondisi lidah yang terlihat seperti terbelah-belah atau retak-retak. Gejala yang mucul adalah rasa perih atau nyeri pada lidah. Meski penyakit ini tidak membahayakan, namun Anda tidak boleh meremehkannya.

7.    Lidah berselaput/Coated tongue

Penyakit coated tongue termasuk penyakit yang disebabkan akibat kurangnya menjaga kebersihan lidah. Penumpukan kotoran pada lidah umumnya akan menimbulkan warna kuning atau putih. Tidak hanya menyebabkan bau tidak sedap, penyakit ini juga meningkatkan risiko infeksi jamur. Cara yang terbaik adalah dengan rutin membersihkan gigi dan lidah menggunakan sikat khusus.
Semoga informasi yang berjudul 7 Penyakit Pada Lidah Yang Patut Diwaspadai diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...

Baca Juga

7 Penyakit Pada Lidah Yang Patut Diwaspadai
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar