Monday, August 3, 2015

Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Saat Diet

Susah payah diet, namun berat badan tak jua turun atau justru bertambah? Hem, pasti melelahkan ya! Ternyata banyak pelaku diet yang tidak sadar telah melakukan kesalahan fatal saat diet. Akibat kesalahan tersebut, usaha berdiet tidak hanya menjadi gagal total tapi justru menyebabkan penyakit.  Yang perlu diingat saat diet adalah bahwa tujuan diet bukan sekedar menurunkan berat badan, tapi juga membuat tubuh menjadi lebih sehat. (Lima Gejala Kulit Pertanda Awal Diabetes)
 Gambar/rahasialangsingalami.com
Untuk meminimalisir risiko gagal diet atau risiko penyakit berbahaya saat diet, ada baiknya Anda simak beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan saat diet berikut ini :

Mengabaikan sarapan

Banyak pelaku diet yang mengabaikan sarapan, padahal hal itu justru membuat mereka merasa lapar sepanjang hari. Akibatnya, mereka akan ngemil atau makan dengan porsi besar saat makan siang. Pilih sarapan tinggi serat dan protein agar Anda merasa kenyang lebih lama. (Ingin Terhindar dari Penyakit Jantung? Hindari 10 Kebiasaan Buruk Ini)

Mengonsumsi makanan ringan

Kesalahan lainnya adalah mengurangi porsi makan, tapi menggantinya dengan cemilan atau makanan ringan. Tak banyak yang tahu jika makanan ringan justru mengandung kalori tinggi yang membuat berat badan Anda semakin meningkat. Agar diet berhasil, Anda bisa mengganti cemilan dengan kacang-kacangan atau buah-buahan.

Mengurangi asupan air putih

Air putih sangat penting untuk tubuh, karena membantu membakar kalori dan membantu proses metabolisme. Jika Anda mengurangi asupan air putih, maka metabolisme tubuh akan menurun dan proses penurunan berat badan akan lebih lambat. Selian itu, kekurangan cairan juga membahayakan kesehatan Anda.

Melupakan makan malam

Saat malam hari, tubuh tidak membutuhkan kalori sebanyak saat kita bangun/beraktivitas. Meski begitu, saat tidur tubuh membutuhkan protein untuk mendukung kinerja hormon pertumbuhan dan memperbaiki sel-sel tubuh. Jadi, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein 2-3 jam sebelum jam tidur.

Mengurangi jam tidur

Salah besar jika mengurangi tidur dapat membuat berat badan turun, yang ada justru meningkatkan berat badan dan risiko penyakit. Tidur merupakan salah satu faktor penunjang kesuksesan diet Anda. Pada saat kurang tidur, tubuh akan meningkatkan produksi hormon kortisol, insulin dan gula darah yang berakibat Anda merasa lapar.

Mengandalkan pil diet

Pil diet memang membantu program diet, namun keberadaannya hanya sekedar melengkapi.  Jadi, pola makan sehat tetap harus dijaga agar berat badan tidak sekedar langsing tapi juga sehat. Selain itu, konsumsi pil diet dengan dosis yang tepat/tidak berlebihan.

Mengabaikan olahraga

Menjalankan diet bukan berarti Anda boleh mengabaikan olahraga, karena olahraga tidak hanya menyehatkan tapi juga menyukseskan program diet Anda. Oleh karena itu, luangkan waktu sebentar untuk berolahraga ringan setiap harinya, misalnya : jalan kaki, renang, bersepeda, dan lain sebagainya.
Dengan memahami kesalahan fatal yang sering dilakukan saat diet diatas, semoga kita bisa terhindar dari kegagalan berdiet.

Loading...

Baca Juga

Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Saat Diet
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar