Saturday, June 6, 2015

Ternyata, Menggigit Kuku Itu Berbahaya Bagi Kesehatan

Apakah kalian memiliki kebiasaan menggigit kuku? Menggigit kuku biasa dilakukan ketika stress, bosan, cemas, atau memang sudah menjadi kebiasaan. Meski terlihat sepele, namun kebiasaan menggigit kuku sangat tidak baik untuk kesehatan. Kenapa demikian? Karena tangan biasa menyentuh benda apa saja di sekitar kita, sedangkan kuku yang tidak terawat dengan baik juga bisa menjadi sarang kuman, bakteri, jamur, telur cacing dan sumber penyakit lainnya.
menggigit kuku/Sehatly.com
Menggigit kuku memang asyik dan seringkali dilakukan tanda sadar, namun jika kalian semua tahu dampak negatifnya, pastilah akan menghindari kebiasaan buruk tersebut. Ingin tahu, apa saja dampak negatif dari kebiasaan menggigit kuku? Intips aja yuk…

•    Memicu infeksi pada jari

Kebiasaan menggigit kuku dapat menyebabkan lecet dan infeksi di area sekitar kuku, karena rusaknya pelindung antara kuku dan lipatan kuku karena terlalu lembab. Kondisi tersebut memudahkan kuman dan bakteri masuk ke celah kuku sehingga menyebabkan infeksi. Gejalanya antara lain : sakit, nyeri, peradangan dan pembengkakan pada jari.

•    Merusak keindahan dan pertumbuhan kuku

Kebiasaan menggigit kuku dapat merusak keindahan kuku, misalnya : kuku menjadi rapuh, tipis, kusam, dan lain sebagainya. Kebiasaan menggigit kuku juga membuat pertumbuhan kuku menjadi kurang bagus.

•    Mengganggu Sistem Pencernaan

Kuman dan microorganisme yang bersarang dalam kuku akan tertelan masuk ketika Anda menggigit kuku. Hal itu sangat membahayakan kesehatan pencernaan, misalnya : cacingan, diare, sakit perut, masalah tenggorokan, dan lain sebagainya.

•    Merusak  gigi

Kebiasaan menggigit kuku secara terus menerus dapat merusak email dan lapisan gigi teratas. Nah, agar gigi Anda bagus dan terjaga kesehatannya, hindari kebiasaan menggigit kuku ya!

•    Menyebabkan kutil kuku

Kebiasaan menggigit kuku akan menyebabkan kutil, kuku kasar dan tumbuh lebih keras dari biasanya. Kutil dapat merusak pertumbuhan kuku dan bisa menyebar ke dagian tubuh lainnya. Kutil termasuk penyakit yang sulit disembuhkan, karena lokasinya berada di sekitar kuku.
Nah, setelah mengetahui bahaya kebiasaan menggigit kuku, masihkah Anda melakukannya dan tidak berusaha menghindarinya? Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kita semua.

SUMBER

Loading...

Baca Juga

Ternyata, Menggigit Kuku Itu Berbahaya Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar