Friday, April 24, 2015

Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes





Dewasa ini, penyakit diabetes menjadi ancaman tersendiri bagi semua orang. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak sudah mulai terdeteksi menderita penyakit diabetes. Tidak mengherankan memang, gaya hidup yang tidak sehat memang lebih mendominasi masyarakat sehingga ancaman penyakit diabetes sangat sulit dihindarkan. (Kebiasaan Sehari-Hari yang meningkatkan Risiko Diabetes)
Diabetes mellitus merupakan suatu kondisi dimana kadar gula dalam darah seseorang mengalami peningkatan. Tahukah kalian jika diabetes mellitus ini merupakan penyakit pembunuh ketiga di dunia? Seseorang yang mengidap diabetes mellitus harus selalu menjaga kadar gula darahnya agar berada pada posisi normal. Hal itu wajib dilakukan agar diabetes tidak memicu kondisi yang lebih buruk atau menyebabkan komplikasi penyakit yang berbahaya.(Jangan buang Biji Kurma, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan)
Selain mengurangi asupan yang manis dan olahraga, diet juga menjadi pilihan yang tepat untuk  penderita diabetes. Diet sehat untuk diabetes ini bertujuan untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah komplikasi jangka panjang akibat penyakit diabetes. Prinsip yang harus diperhatikan dalam diet untuk penderita diabetes adalah : pilihlah asupan makanan yang  mengenyangkan namun tidak menaikkan kadar glukosa dalam darah. Agar lebih jelasnya, simak prinsip diet sehat bagi penderita diabetes berikut ini:

·          Konsumsi sumber karbohidrat kompleks

Karbohidrat memang penting bagi semua orang, namun khusus penderita diabetes sangat dianjurkan memilih karbohidrat kompleks. Karena selain memberikan efek kenyang lebih lama, karbohidrat komplek juga mengandung kadar glukosa rendah. Contoh karbohidrat komplek, antara lain : kentang, beras merah, sereal,  ketela, ubi, gandum, dan sagu.

·         Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan

Asupan serat yang cukup akan membantu mengenyangkan lebih lama. Penderita diabetes bisa mendpaatkan sumber serat dari buah-buahan dan sayuran, antara lain : brokoli, kol, buncis, kacang pangang, jambu biji, apel, belimbing, pir, pisang dan  lain sebagainya. Buah dan sayuran ini dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah tanpa tambahan gula.

·         Membatasi konsumsi makanan tinggi kalori

Agar kadar gula darah terjaga dnegan baik, sebaiknya penderita diabetes mellitus menghindari makanan dan minuman tinggi kalori, seperti : cake, minuman bersoda, permen, cokelat, dan lain-lain.

·         Bijak memilih asupan lemak

Lemak bisa bermanfaat bagi penderita diabetes, sebaliknya juga bisa membahayakan. Contoh lemak yang baik, adalah lemak tak jenuh yang terdapat dalam ikan, kacang-kacanagan, alpukat, olive oil, dan lainnya. Nah untuk lemak yang membahayakan penderita diabetes adalah lemak jenuh, karena dapat menaikkan kadar kolesterol yang memicu komplikasi penyakit lainya. Lemak jenuh yang harus dihindari, antara lain : keju, susu, snack, telur, es krim, daging merah, dan lainnya.
Agar  hasil lebih maksimal, selain menerapkan diet sehat diatas,  penderita diabetes sangat disarankan untuk  menghindari pola hidup tidak sehat, seperti : konsumsi minuman k&ras, mer*kok, begadang, stress, konsumsi makanan instan, dan lain sebagainya. Semoga informasi tentang diet sehat untuk penderita diabetes diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.


Loading...

Baca Juga

Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar