Saturday, November 12, 2016

Darah Menstruasi Keluar Terlalu Banyak, Atasi dengan Cara Ini

Menstruasi bisa dikatakan sebagai tamu yang tidak asing lagi bagi wanita, karena hampir setiap bulan pasti mendatanginya. Ada beberapa keluhan yang sering diutarakan saat sang tamu penting itu datang, salah satunya aliran darah menstruasi yang terlalu deras. Menstruasi terlalu deras tidak hanya mengganggu kenyamanan, tapi juga berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan, misalnya : pusing kepala, pandangan berkunang-kunang, dan lainnya. Untuk itulah, sangat dianjurkan bagi wanita untuk mencukupi kebutuhan gizinya setiap hari, termasuk saat menstruasi.

Penyebab menstruasi terlalu deras
Ada banyak penyebab menstruasi yang terlalu deras, diantaranya :
•    Ketidakseimbangan hormone
•    Disfungsi ovarium
•    Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim
•    Adanya polip pada dinding uterus

Apa yang bisa dilakukan saat menstruasi terlalu deras?

Jika sebagian wanita bisa merasa nyaman melakukan aktivitas saat menstruasi, maka hal ini tidak berlaku bagi Anda yang mengalami menstruasi terlalu deras. Bagaimana tidak, Anda harus sibuk ke kamar mandi untuk mengganti pembalut karena pembalut sebagus apapun akan tetap kesulitan menampung darah menstruasi yang terlalu deras. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Tidak perlu pusing jika Anda mengalami hal tersebut, karena disini kita akan membagikan cara mengatasi menstruasi yang terlalu deras, diantaranya :

1.    Minum jus tomat

Derasnya aliran darah saat menstruasi seringkali membuat wanita merasa pusing atau berkunang-kunang bahkan sampai pingsan. Hal ini pasti mengganggu aktivitas Anda, bukan? Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi jus tomat secara rutin karena membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

2.    Konsumsi suplemen zat besi

Saat darah menstruasi keluar terlalu deras, maka secara otomatis Anda juga akan kehilangan zat besi. Karena itu, pastikan konsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti : kacang-kacangan, ikan, telur, daging ayam dan makanan lain yang bisa menggantikan nutrisi yang hilang dari tubuh Anda.

3.    Minum obat yang mengandung ibuprofen

Ada hasil riset yang menyebutkan jika minum obat yang mengandung zat anti inflamasi seperti ibuprofen dapat membantu mengurangi aliran darah saat menstruasi.
4.    Gunakan kontrasepsi
Penggunakan alat kontrasepsi oral dapat membantu mengatur ovulasi yang terganggu dan mengurangi keluarnya darah menstruasi yang berlebihan.

5.    Ganti pembalut secara rutin

Agar tidak mengganggu kenyamanan Anda, pastikan untuk mengganti pembalut secara teratur setiap empat hingga delapan jam sekali.
Semoga informasi yang berjudul Darah Menstruasi Keluar Terlalu Banyak, Atasi dengan Cara Ini diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

source : Shape

Loading...

Baca Juga

Darah Menstruasi Keluar Terlalu Banyak, Atasi dengan Cara Ini
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar