Sunday, July 10, 2016

Cara Alami dan Cepat Atasi Badan Pegal dan nyeri

Setelah menghabiskan liburan lebaran, pasti sebagian orang akan merasakan pegal dan nyeri pada anggota tubuhnya. Tidak mengherankan, karena umumnya saat moment lebaran banyak dihabiskan untuk acara mudik ke kampung halaman, saling silaturrahmi, dan juga rekreasi.  Moment membahagiakan tersebut seringkali membuat orang abai pada kondisi kesehatannya. Kurang istirahat, pola makan tidak sehat/teratur, kurang olahraga, dan lain sebagainya menjadi rentetan pemicu badan pegal dan nyeri. Sebenarnya ada banyak obat yang membantu meredakan pegal dan nyeri tubuh, namun jika ada cara alami dan aman, kenapa harus memilih yang menimbulkan efek samping?
Nah, jika Anda termasuk salah satu yang mengalami badan pegal dan nyeri pasca lebaran, coba saja cara alami untuk mengatasinya berikut ini :

1.    Minyak alami

Ada banyak minyak alami yang berkhasiat merilekskan otot yang kaku, melancarkan sirkulasi darah, dan meredakan pegal-pegal, diantaranya : minyak kayu putih, minyak cengkeh, minyak kelapa murni, dan lainnya. Oleskan minyak tersebut pada area tubuh, kemudian lakukan pijatan lembut.

2.    Minum wedhang jahe

Selain memberikan efek menghangatkan tubuh, jahe juga ampuh membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan nyeri. Anda bisa bersantai sembari menikmati wedhang jahe hangat.

3.    Minum jus buah

Ada beberapa jenis buah-buahan yang terbaik untuk membantu mengatasi nyeri badan, diantaranya : lemon, ceri, dan wortel. Minum jus tersebut membuat rasa sakit dan nyeri tubuh Anda akan berkurang dengan cepat, karena memiliki sifat anti oksidan dan juga anti-inflamasi.

4.    Berendam dalam air rempah

Berendam dalam air hangat dan campuran rempah-rempah alami dapat membantu merilekskan tubuh dan meredakan pegal-pegal. Rebus irisan jahe, kunyit, dan jinten, kemudian gunakan untuk merendam bagian tubuh yang sakit atau mandi.

5.    Yoga

Olahraga juga bisa membantu memulihkan tenaga dan menyembuhkan nyeri tubuh. Salah satu olahraga yang bisa  Anda lakukan adalah yoga.

6.    Minum teh herbal

Minum teh herbal tidak hanya membuat tubuh rileks, tapi juga meredakan pegal dan nyeri dnegan cepat. Minum teh lemon madu, teh hijau atau teh chamomile untuk membantu mengatasi masalah Anda.
Selain melakukan usaha diatas, pastikan Anda menghindari hal-hal yang justru memperberat pegal dan nyeri Anda, seperti minum alk0h0l, kafein dan makanan asin. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...

Baca Juga

Cara Alami dan Cepat Atasi Badan Pegal dan nyeri
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar