Sunday, December 20, 2015

8 Pantangan Agar Anda Sehat dan Aktif di Musim Hujan

Intipslagi - Musim hujan seringkali dibarengi dengan meningkatnya risiko penyebaran penyakit,  karena itu  sudah seharusnya kita senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Tapi sayangnya, cuaca dingin membuat seseorang menjadi malas beraktivitas, misalnya : malas mandi, malas bersih-bersih,  kurang minum, malas olahraga,  dan maunya tidur atau bersantai  dengan TV atau gadget. Jika demikian, bagaimana kita bisa menangkal serangan penyakit di musim hujan? 
Kebanyakan penyakit akan mudah menghampiri orang yang tidak aktif dan malas bergerak, karena itu sangat penting sekali untuk menjaga tubuh agar tetap aktif bergerak walaupun di musim hujan. Yuk lawan rasa malas dan simak 8 Pantangan Agar Anda Sehat dan Aktif di Musim Hujan berikut ini :

1.    Kurang minum

Musim dingin seringkali membuat seseorang malas minum air putih, karena selain tidak haus  juga menyebabkan seseorang sering kencing. Padahal banyak sekali kerugian akibat kurang minum air putih. Oleh karena itu, tetap usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan setiap hari agar tubuh sehat dan bugar.

2.    Kurang istirahat

Anda pasti sudah tahu akan banyaknya kerugian akibat kurang istirahat.  Istirahat cukup tidak hanya membuat Anda lebih bugar, tapi juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, pastikan jaga waktu istirahat Anda setidaknya 6-8 jam setiap hari.

3.     Perilaku  tidak bersih

Musim hujan  seringkali diiringi meningkatnya penyebaran virus, karena itu Anda bisa mengantisipasinya dengan perilaku  hidup bersih dan sehat, misalnya : cuci tangan, mandi secara teratur, buang sampah pada tempatnya, dan lain sebagainya.

4.    Membiarkan  tubuh  kedinginan

Menjaga tubuh tetap hangat akan menghindarkan Anda dari serangan penyakit, karena itu pastikan jaga kondisi tubuh agar tetap hangat, misalnya : gunakan jaket, pakai payung atau jas hujan saat menerjang hujan, mengonsumsi minuman hangat, atau jika perlu  Anda bisa membalurkan minyak kayu putih ke tubuh agar tetap hangat.

5.    Olahraga rutin

Cuaca dingin membuat banyak orang merasa malas beraktivitas, padahal agar tubuh sehat, kita wajib aktif bergerak, salah satunya  dengan olahraga ringan setiap hari. Olahraga juga membantu melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan kekebalan tubuh.

6.    Jajan sembarangan

Musim dingin  membuat perut jadi mudah lapar, meski begitu Anda tidak boleh jajan semabrangan. Pastikan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari bibit penyakit.

7.    Mengonsumsi buah tanpa dicuci

Buah memang sehat dan mengandung banyak vitamin. Tapi di musim hujan, bakteri dan virus sangat mudah berkembang, oleh karena itu Anda harus menghindari kebiasaan makan buah  tanda dicuci.

8.    Pola makan tidak sehat

Asupan makanan  termasuk salah satu factor yang  menentukan  kuat dan tidaknya sistem imun kita. Oleh karena itu, agar tubuh sehat dan aktif di musim hujan, pastikan Anda   menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. 
Tidak perlu takut dengan ancaman penyakit yang datang di musim hujan, karena banyak jurus ampuh untuk mengatasinya. Semoga informasi yang berjudul 8 Pantangan Agar Anda Sehat dan Aktif di Musim Hujan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...

Baca Juga

8 Pantangan Agar Anda Sehat dan Aktif di Musim Hujan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar