Thursday, May 28, 2015

Ingin Mata Anda Sehat? Lakukan Cara Alami Ini!

Semua orang pasti ingin memiliki mata yang sehat dan berfungsi dengan baik, karena mata merupakan salah satu dari panca indera yang sangat penting bagi manusia. Tuhan menganugerahkan mata kepada kita secara gratis, karena itu sudah selayaknya kita menjaga dan merawatnya agar tetap sehat dan berfungsi maksimal. Dengan mata yang sehat kita bisa menikmati indahnya dunia.
Sayangnya, sebagian orang sering lupa atau bahkan mengabaikan pentignya merawat mata sehingga beberapa masalah kesehatan mulai menghampiri, misalnya : mata lelah, sakit mata, mata minus, dan lain sebagainya. Merawat kesehatan mata tidak harus dengan cara mahal, karena banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, apa sajakah itu? Intips informasinya berikut :

Merawat mata dengan mengonsumsi buah dan sayuran

Banyak buah dan sayuran yang mengandung betacaroten dan Vitamin A yang membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah dari gangguan kesehatan mata. Diantara sayur dan buah-buahan yang bagus untuk kesehatan mata, antara lain : wortel, jeruk, labu kuning, Ubi oranye, mangga, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran hijau yang kaya antioksidan sehingga menjaga mata dari paparan radikal bebas (debu, sinar matahari, dan polusi)

Mengompres mata dengan mentimun

Mata Anda terasa lelah dan kering? Tenang saja, Anda bisa mengompres mata menggunakan buah mentimun. Caranya, iris mentimun, kemudian masukkan kedalam kulkas dan tempelkan pada mata sebelum tidur selama 10 menit. Dijamin, mata Anda akan terasa nyaman dan segar.

Hindari kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan mata

Selain perawatan yang disebutkan diatas, Anda juga harus menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan mata, misalnya : mengucek mata sembarangan, membaca buku dengan tidur, membaca di tempat redup, menonton televise dengan jarak dekat, terlalu lama di depan layar computer, menggunakan obat tetes mata berlebihan, dan lainnya.

Gunakan pelindung mata ketika beraktivitas di luar ruangan

Agar mata sehat dan terawatt, Anda harus melindunginya setiap waktu, terutama ketika beraktivitas di luar ruangan. Gunakan kacamata, helm berkaca, atau payung yang dapat melindungi mata dari radiasi sinar UV, debu, dan polusi asap.

Hati-hati menggunakan lensa kontak

Memakai lensa kontak memang membuat mata terlihat lebih indah, tapi pastikan jika lensa kontak Anda dalam kondisi bersih dan terjaga kelembapaannya. Karena lensa kontak yang kotor dan kering akan menyebabkan infeksi dan iritasi pada mata.

Hentikan kebiasaan mer*kok

Mer*kok dapat merusak kesehatan, bahkan menyebabkan gangguan pada mata. Diantara penyakit mata yang disebabkan kebiasaan mer*kok, antara lain : katarak, macula, syndrome mata kering, dan lainnya.

Jaga kadar gula darah dan tekanan darah dalam kondisi normal

Agar terhindar dari masalah penglihatan, Anda juga wajib menstabilkan gula darah dan tekanan darah. Karena, kada gula darah dan tekanan darah yang terlalu tinggi dapat berakibat komplikasi pada mata, diantaranya : katarak, retinopati hipertensif, glukoma, dan lain sebagainya.

Rutin memeriksakan kesehatan mata ke dokter specialis mata

Untuk menghindari masalah yang mengganggu kesehatan mata, ada baiknya Anda biasakan memeriksakan mata dan konsultasi rutin setahun 2 kali.
Semoga dengan kebiasaan sehat diatas, mata Anda bisa terhindar dari masalah serius yang merusak fungsi mata. Semoga bermanfaat!


Loading...

Baca Juga

Ingin Mata Anda Sehat? Lakukan Cara Alami Ini!
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar