Monday, April 20, 2015

Makanan untuk mencegah komplikasi pada kehamilan

Memperhatikan asupan nutrisi saat hamil sangatlah wajib, karena wanita hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin dalam kandungan. Selain itu, asupan nutrisi juga penting untuk kebaikan dan keselamatan ibu juga. Dengan mengonsumsi makanan sehat bernutrisi, maka ibu hamil dapat terhindarkan dari risiko komplikasi pada kehamilan. Apa sajakah resiko pada kehamilan yang bisa dicegah dengan makanan bernutrisi? Simak informasinya berikut :



Makanan yang Mengurangi risiko Perdarahan

Perdarahan bisa terjadi saat hamil, juga pasca melahirkan. Terjadinya perdarahan biasanya dipicu banyak sebab, salah satunya anemia (kurang darah). Anemia bisa diatasi dengan asupan makanan yang kaya zat besi, namun jangan berlebihan jumlahnya, karena bisa memancing rasa mual dan ingin muntah. Anda bisa mendapatkan makanan kaya zat besi, diantaranya : daging merah, sayuran. Selain zat besi, untuk mencegah perdarahan, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, Vitamin A, kalsium, dan Vitamin B kompleks.

Makanan untuk Mencegah Pre-eklamsia

Pre-eklamsia atau darah tinggi selama kehamilan sangat berbahaya bagi kehamilan dan janin. Untuk mencegah risiko pre-eklamsia, Anda bisa mengonsumsi makanan kaya antioksidan. Sumber antioksidan terbaik adalah dari sayur dan buah-buahan, dimana juga mengandung banyak vitamin, kalsium, folat, dan nutrisi penting lainnya.

Makanan untuk Mencegah Infeksi

Infeksi merupakan komplikasi yang berbahaya pada saat hamil, karena dapat langsungt berpengaruh pada  janin. Asupan nutrisi yang baik dan seimbang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga menangkal infeksi. Cukupi kebutuhan makanan bernutrisi sehingga kondisi ibu hamil tetap prima dan kehamilannya bisa selamat hingga persalinan.
Sudah tahu khan, kenapa menjaga asupan nutrisi selama kehamilan itu wajib dan penting bagi ibu hamil? Nah, diantara semua penjelasan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa ibu hamil harus memperhatikan  asupan makanan yang mengandung zat gizi penting. Nutrisi lainnya yang wajib diperhatikan ibu hamil adalah, asupan kalsium (sumber kalsium : telur, susu, keju, jeruk, wortel, dan kacang-kacangan), magnesium (sumber magnesium : ikan, sayuran, daging merah, dan susu), dan seng (seafood).
Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Semoga kehamilan Anda berjalan sesuai rencana ya!


Loading...

Baca Juga

Makanan untuk mencegah komplikasi pada kehamilan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar