Monday, April 10, 2017

Penyebab Urine Berbau Tajam dan Cara Mengatasinya

IntipsLagi - Urin Anda berbau lebih menyengat dari biasaynya? Umumnya urine memiliki aroma yang khas, maka itu waspadai jika tiba-tiba urine berbau lebih tajam dan menyengat, karena bisa jadi ada sesuatu yang tidak normal pada tubuh Anda. Memang sich urin berbau menyengat tidak selalu berbahaya bahkan ada yang bisa diatasi dengan mudah. Akan tetapi, urine berbau menyengat juga bisa jadi merupakan gejala suatu penyakit. Maka itu, tidak ada salahnya jika kita mengetahui apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana pula cara untuk mengatasinya. Lakukan 7 Cara Mudah Ini Untuk Atasi Rambut Rontok karena Patah
urine berbau tajam/http://brakpanherald.co.za

Penyebab urine berbau menyengat

Ada beberapa hal yang jadi penyebab urine berbau menyengat, diantaranya :

- Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa menjadi penyebab utama perubahan warna urin dan juga bau yang lebih menyengat. Karena itu, jangan abaikan jika mengalami urine bau tajam disertai perubahan warna urine. Sering Merasa Lapar Meski Sudah Makan? Waspadai 8 Penyebabnya

- Konsumsi makanan berbau menyengat

Makanan bisa menjadi penyebab urine Anda berbau menyengat, karena itu tidak perlu cemas berlebihan jika Anda baru saja mengonsumsi beberapa makanan, yang diantaranya : pete, bawang putih, kopi, jengkol dan lainnya.

- Konsumsi makanan tinggi garam

Makanan yang bergaram tinggi juga bisa menyebabkan konsentrasi urine menjadi lebih pekat dan baunya jadi lebih menyengat.

- Infeksi jamur

Infeksi jamur tidak hanya mengakibatkan rasa gatal dan panas pada area vit4l, tapi juga bisa menyebabkan urine berbau menyengat.

- Gejala Infeksi saluran kemih

Bakteri pemicu infeksi umunya memproduksi bau khas dan menyebabkan warna urine jadi gelap dan pekat.  Oleh karena itu, waspadai ketika urine memiliki roma khas ammonia dan sedikit manis karena menunjukkan adanya gejala infeksi saluran kemih. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

- Diabetes

Jika mengalami urine berbau menis seperti buah, maka waspadai karena bisa jadi merupakan gejala diabetes.

- Kehamilan

Perubahan hormon saat hamil juga bisa menjadi penyebab urine berbau lebih menyengat. Maka itu, jangan salah mengartikan ya.

Cara Mengatasi urine berbau tajam

Dengan mengetahui berbagai penyebabnya diatas, maka kita bisa melakukan upaya untuk menanganinya, yang antara lain :
•    Penuhi kebutuhan cairan
•    Hindari makanan dan minuman yang berbau menyengat
•    Bersihkan dengan benar setelah selesai buang air kecil/besar
•    Segera ganti pakaian dalam yang basah atau lembab agar tidak memicu masalah kesehatan
•    Periksakan diri ke dokter jika mengalami urine berbau tajam disertai masalah kesehatan lain
Semoga informasi yang berjudul Penyebab Urine Berbau Tajam dan Cara Mengatasinya diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags : air kencing berbau tanda hamil, kencing berbau seperti obat, air kencing bau busuk, kencing berbau aneh, bau air kencing yang normal, air kencing bau pesing, air kencing bau tak sedap, kencing bau telur busuk

Loading...

Baca Juga

Penyebab Urine Berbau Tajam dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar