Thursday, December 1, 2016

Makanan Pantangan Penderita Penyakit Amandel

Penyakit Amandel pada anak seringkali membuat para ibu merasa cemas.  Apalagi banyaknya berita yang menyebutkan jika penyakit amandel haruslah dioperasi agar tidak mengganggu kenyamanan anak. Penyakit amandel disebabkan infeksi virus dan bakteri sehingga mengakibatkan peradangan pada amandel. Penderita penyakit amandel biasanya akan mengalami beberapa gejala, yang diantaranya : sakit kepala, demam, nyeri pada tenggorokan ketika menelan, batuk dan lainnya. Sebenarnya masalah peradangan pada amandel bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang dari seminggu. Hanya saja, jika tidak dijaga dengan baik, penyakit amandel ini bisa saja kambuh lagi. Selain rutin minum obat yang direkomendasikan oleh dokter, ada satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga agar penyakit amandel tidak kambuh lagi, yakni dengan menghindari makanan pantangan yang dapat memicu peradangan.

Ingin tahu, apa sajakah makanan pantangan bagi penderita penyakit amandel? Untuk lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

1.    Makanan berlemak

Makanan berlemak, seperti gorengan harus dihindari oleh penderita penyakit amandel. Selain tidak mengandung gizi yang cukup, makanan ini juga dapat memperparah kondisi pasien.

2.    Makanan yang bersifat pedas dan panas

Makanan pedas dan panas dapat memperparah peradangan pada amandel, karena itu sudah sepatutnya jika penderita menghindarinya demi kesehatan.

3.    Hindari kekurangan cairan

Penderita penyakit amandel tidak boleh kekurangan cairan, karena selain dapat sebabkan dehidrasi juga dapat memperparah kondisinya. Penuhi kebutuhan cairan agar tenggorokan tidak sakit dan daya tahan tubuh semakin meningkat.

4.    Hindari makanan yang keras dan kasar

Umumnya penderita penyakit amandel akan kehilangan nafsu makan akibat rasa sakit dan nyeri di tenggorokan, karena itu hindari makanan kasar dank eras. Tapi konsumsi makanan yang teksturnya lunak, lembek  atau encer.

5.    Hindari makanan yang mengandung zat kimia tambahan

Selain yang disebutkan diatas, penderita juga wajib menghindari makanan yang mengandung zat kimia tambahan seperti : pemanis, pewarna, pengawet dan penyedap.
Selain upaya diatas, pastikan berikan istirahat yang cukup pada anak, berikan makanan bergizi, biasakan gunakan masker saat keluar rumah, dan selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Dengan upaya sederhana diatas, semoga penyakit amandel tidak menyerang Anda lagi.


Loading...

Baca Juga

Makanan Pantangan Penderita Penyakit Amandel
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar