Thursday, September 15, 2016

Jangan Konsumsi Lima Makanan Ini Saat Menstruasi

Menstruasi termasuk satu kondisi yang pasti dialami oleh wanita setiap bulannya. Datangnya menstruasi umumnya dibarengi dengan beberapa gejala, diantaranya : mual, kram perut, nyeri, pusing kepala, mudah emosi, badan sakit semua, dan lainnya. Kondisi tersebut tentu sangat menyiksa dan mengganggu kenyamanan Anda, bukan? Tapi tidak perlu cemas, karena ternyata ketidaknyamanan yang muncul saat menstruasi bisa diatasi dengan beberapa cara alami, salah satunya dengan mengonsumsi dan menghindari makanan tertentu.
menstruasi/http://www.sekedarinfo.com

Hem, kira-kira apa sajakah makanan yang harus dikonsumsi atau hindari saat menstruasi? Simak informasinya berikut ini :

Makanan yang harus dihindari saat menstruasi

Untuk mengatasi gejala yang kurang mengenakkan saat datangnya menstruasi, sebaiknya hindari beberapa makanan  ini :

Kafein

Hindari atau batasi minuman berkafein, karena dapat meningkatkan asam lambung yang membuat kondisi perut Anda semakin memburuk, seperti : kram, kembung dan begah.

Makanan asin

Konsumsi makanan asin berlebihan membuat perut kembung, oleh karena itu pastikan hindari atau kurangi konsumsi makanan asin.

Daging merah

Daging merah mungkin mengandung banyak nutrisi, namun hal ini kurang baik dikonsumsi ketika Anda menstruasi. Hal itu karena kandungan asam arakidonat didalamnya dapat mrangsang prostaglandin yang sebabkan perut kram.

Produk susu

Sama seperti daging merah, produk susu seperti : keju, susu, yogurt, dan mentega juga kaya akan asam arakidonat yang menjadi penyebab kram.

Gorengan

Mengonsumsi gorengan dapat sebabkan peningkatan estrogen dalam tubuh yang memicu ketidakseimbangan pada rahim sehingga kemungkinan kram perut akan meningkat.

Makanan yang baik dikonsumsi saat menstruasi

Jika sebelumnya kita membahas beberapa makanan yang wajib dihindari atau dibatasi saat menstruasi, maka disini kita akan membagikan informasi tentang makanan yang baik dikonsumsi saat menstruasi, diantaranya :

Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks sangat bagus dikonsumsi saat haid, karena rendah kalori dan kaya vitamin serta mineral dan pastinya ramah untuk pencernaan sehingga Anda terhindar dari perut kembung.

Konsumsi buah cokelat

Mengonsumsi buah cokelat sangat bermanfaat bagi wanita haid, karena selain memperbaiki mood juga membantu menahan nafsu makan.

Konsumsi kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan magnesium yang membantu mengurangi perut kembung dan yang pastinya kaya serat yang mengenyangkan.

Zat Besi

Saat menstruasi, wanita rentan kehilangan zat besi dalam darahnya sehingga jika tidak diatasi dapat sebabkan anemia. Karena itu, pastikan konsumsi makanan yang mengandung zat besi agar kebutuhan tubuhnya terpenuhi. Makanan sumber zat besi, antara lain : bayam, kismis, tahu, kacang merah, kacang polong, dan lainnya.

Buah-buahan

Buah-buahan mengandung nutrisi tinggi yang bagus untuk membantu menyegarkan tubuh, melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi kramperut saat menstruasi. Diantara buah yang direkomendasikan, yakni : semangka, pisang, melon, dan lainnya.
Semoga informasi yang berjudul Jangan Konsumsi Lima Makanan Ini Saat Menstruasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags : makanan yang tidak boleh di makan saat menstruasi makanan yang tidak boleh dimakan saat menstruasi makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat menstruasi makanan yg tidak boleh dimakan saat menstruasi makanan apa saja yang tidak boleh dimakan saat menstruasi buah yang tidak boleh dimakan saat haid saat haid tidak boleh minum es yang dilarang saat haid menurut islam

Loading...

Baca Juga

Jangan Konsumsi Lima Makanan Ini Saat Menstruasi
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar