Sunday, May 29, 2016

Kenali Nyeri Dada Tanda Penyakit Jantung

IntipsLagi - Pernahkah Anda mengalami rasa nyeri dada? Nyeri dada merupakan indikasi adanya ketidakberesan pada tubuh Anda. Nyeri dada, terutama sebelah kiri seringkali dihubungkan dengan penyakit jantung. Padahal kenyataannya tidak selalu demikian, karena ada beberapa penyakit lain yang ditandai nyeri dada. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa meremehkan nyeri dada ya, karena nyeri akibat penyakit jantung bisa berakibat fatal hingga kematian. Nah, daripada Anda menebak-nebak tanpa tahu kepastiannya, sebaiknya Anda kenali nyeri dada tanda penyakit jantung. Dengan mengenali gejalanya lebih dini, setidaknya Anda bisa melakukan langkah cepat untuk mengatasinya, misalnya : segera ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya dan melakukan upaya pengobatan.
Jika Anda sering mengalami nyeri dada, sebaiknya mulai  Kenali Nyeri Dada Tanda Penyakit Jantung, berikut ini :

Penyebab nyeri penyakit jantung?

Nyeri terjadi akibat kerusakan jaringan yang disebabkan kekurangan pasokan oksigen dan darah. Ini terjadi karena pembuluh darah arteri mengalami sumbatan/penyempitan akibat kolesterol jahat.

Lokasi nyeri tanda penyakit jantung?

Letak jantung berada di tengah-tengah dada agak ke kiri sedikit. Meski begitu, tidak semua nyeri dada karena jantung dirasakan pada dada sebelah kiri. Karena jika kerusakan jantung yang bagian kanan, maka nyeri bisa dirasakan di dada sebelah kanan. Jika kerusakan terjadi pada jaringan jantung bagian belakang, maka akan muncul rasa nyeri dan tidak enak di punggung. Demikian pula jika kerusakan jantung terjadi pada bagian bawah, maka seseorang akan mengalami nyeri pada ulu hati yang mirip gejala sakit maag.

Bagaimana nyeri yang dirasakan penderita penyakit jantung?

Nyeri dada pada penyakit jantung biasanya bersifat tumpul  atau seperti tertindih benda berat, sesak banget, nyeri dada seperti ditusuk-tusuk, dan sensasi rasa terbakar pada dada. Selain itu, umumnya nyeri pada penyakit jantung dapat menjalar melalui saraf menuju ke bahu, lengan kiri, punggung dan leher.

Berapa lama nyeri dada yang dialami penderita penyakit jantung?

Lama nyeri yang dirasakan penderita sangatlah relative atau tergantung berat atau ringannya kerusakan jantung yang dialami penderita. Umumnya nyeri dada yang terjadi akibat penyempitan akan terjadi dalam waktu lumayan singkat, yakni 20 menit. Tapi jika nyeri dada akibat sumbatan total atau penderita penyakit jantung akut bisa terjadi lebih dari 20 menit.

Kapankah rasa nyeri dada akibat penyakit jantung  bsia terjadi?

Umumnya nyeri dada akibat penyakit jantung bisa erjadi ketika kinerja jantung meningkat, misalnya : saat dan setelah olahraga, saat marah, stress, emosi, dan lainnya. Rsa nyeri tersebut akan berkurang saat seseorang istirahat atau menenangkan diri.

Adakah gejala lain yang muncul selain nyeri dada?

Ternyata selain nyeri dada, penderita penyakit jantung biasanya akan mengalami gejala lainnya, yakni : keluar keirngat dingin, lemas, mual, denyut jantung cepat, muntah dan lainnya.
Jika Anda atau keluarga mengalami nyeri dada dan beberapa gejala yang mirip dengan penjelasan diatas, segera lakukan pemeriksaan atau pengobatan agar tidak menjadi masalah serius.

Loading...

Baca Juga

Kenali Nyeri Dada Tanda Penyakit Jantung
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar