Thursday, August 6, 2015

Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan Untuk Kesehatan

Garam termasuk satu kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari manusia. Bayangkan saja bagaimana rasa masakan jika tidak ada garam. Meski bermanfaat bagi manusia, namun bukan berarti Anda bisa mengonsumsi garam secara berlebihan. Demi kesehatan tubuh, Anda wajib membatasi penggunaan garam dalam masakan. Hem, mungkin banyak yang belum tahu, mengapa kita harus membatasi asupan garam? Ternyata kelebihan garam dapat menimbulkan gangguan kesehatan bahkan kematian. (Waspadai warna dan tekstur Darah Haid Menunjukkan Kesehatanmu)
Garam/islampos.com

Kira-kira apa sajakah gangguan kesehatan yang dapat menimpa kita semua akibat asupan garam berlebihan? Untuk lebih jelasnya, simak informasi tentang bahaya akibat konsumsi garam berlebihan untuk kesehatan berikut ini :

Hipertensi

Asupan natrium/garam berlebihan dalam tubuh dapat memicu pengentalan darah. Jika dibiarkan, maka jantung membutuhkan tenaga ekstra kuat untuk memompa darah yang berakibat tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Osteoporosis

Asupan garam berlebihan dapat mencegah penyerapan kalsium dan menghilangkan mineral tulang sehingga menyebabkan penyakit osteoporosis.

Stroke

Asupan garam berlebihan dapat menyebabkan darah tinggi yang meningkatkan risiko terkena stroke. Bahkan penelitian menyebutkan jika mengurangi asupan garam dapat mengurangi risiko terkena stroke.

Dehidrasi

Natrium berlebihan dalam tubuh dapat menyerap cairan. Jika tidak segera diatasi, maka tubuh akan mudah mengalami dehidrasi yang membahayakan kesehatan.

Penyakit jantung

Kelebihan garam dapat mengakibatkan penimbunan air dalam tubuh dan apabila peredaran darah, maka volume darah akan semakin meningkat. Bertambahnya volume darah menyebabkan kinerja jantung semakin berat. Dalam jangka panjang, maka akan menyebabkan masalah pada organ jantung.

Penyakit Ginjal

Selain memperberat kinerja jantung, kelebihan air dalam peredaran darah juga dapat memberatkan kinerja ginjal. Jika kejadian tersebut berlangsung terus menerus, maka akan terjadi kerusakan pada ginjal.

Masalah rambut

Mengonsumsi garam berlebihan dapat merusak kecantikan rambut, diantaranya : rambut rontok dan rambut beruban. Nah, masihkah kalian suka mengonsumsi makanan adin?

Kematian

Asupan garam dalam dosis tinggi dalam waktu singkat dapat berakibat fatal bagi kesehatan,  bahkan bisa memicu kematian.
Ternyata, meskipun garam itu penting untuk kehidupan, namun garam juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...

Baca Juga

Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar